Debit Air Setu Sedong Menyusut Drastis

0 Komentar

Memanfaatkan waduk yang mulai menyusut dan kering, warga di Kabupaten Cirebon, beramai-ramai berburu ikan, Sabtu sore. Mereka yang biasanya kesulitan menjaring ikan saat debit air tinggi, dengan mudah mendapatkan ikan beraneka jenis. Bahkan, dalam sehari warga bisa mendapatkan lebih dari dua kilogram ikan dengan cara menjaring atau menggunakan perangkap.

Dengan menggunakan jaring hingga rakit kayu, puluhan warga ini mencari ikan di waduk atau Setu Sedong, Kabupaten Cirebon, Sabtu sore. Kondisi waduk yang mulai menyusut, imbas tidak turunnya hujan selama dua bulan terakhir, dimanfaatkan warga untuk berburu ikan.

Warga yang berasal dari wilayah Cirebon hingga Kuningan, berburu ikan nila, gabus hingga tawes yang menghuni Setu Sedong ini. Menyusutnya air waduk hingga 75 persen, memudahkan warga untuk mencari ikan.

Baca Juga:Jalan Rusak Dikeluhkan WargaSusu Murni Lawanggada

Saat musim hujan, waduk ini tak terjangkau lantaran debit air yang tinggi dan dalam. Mereka pun tak pernah melawatkan surutnya waduk, untuk mencari ikan, dimana dalam sehari, warga bisa mendapatkan dua hingga tiga kilogram ikan dari waduk yang dibangun pada zaman kolonial Belanda ini.

Saat ini, setu atau waduk Sedong hanya menyisakan sekitar 25 persen air, waduk dengan luas 150 hektar ini dimanfaatkan untuk keperluan irigasi Kecamatan Sedong, Lemahabang dan Kecamatan Susukan

0 Komentar