Kakak Adik Jalankan Bisnis Kerajinan Rotan

0 Komentar

Dua orang kakak beradik di Desa Karangasem Kabupaten Cirebon menggeluti usaha home industri kerajinan rotan. Selain menjanjikan hasilnya, kebardaan usaha tersebut juga mampu membuka lapangan pekerjaan untuk warga.

Kakak beradik Brian dan Alex di Desa Karangasem Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon sukses membangun bisnis home industri kerajinan rotan. Bahkan saat ini produk yang dihasilkan mampu bersaing dan dikirim ke sejumlah daerah seperti Palembang, Batam, hingga diekspor ke Korea.

Industri rotan yang dirintis sejak tahun 2018 lalu ini memproduksi, beberapa barang kerajinan seperti rumah kucing, hiasan kaktus, tempat pakaian, alat rumah tangga lainnya.

Baca Juga:Bersama TNI, Polres Ciko Kota Amankan Kunjungan Presiden RIWarga Sedong Kidul Menanti Bantuan Air Bersih

Di tempat ini, diproduksi ada dua macam kerajinan rotan, yakni kerangka dan anyaman. Meski sempat mengalami pasang surut dalam menjalankan usahanya, kedua kakak adik ini dibantu 21 orang karyawan. Dalam satu bulan, bisa memproduksi 500 pcs, bahkan bisa lebih tergantung bahan baku dan pesanan yang masuk.

Untuk bahan baku, pembuatan kerajinan ini menggunakan rotan alami berukuran 3 mili. Bahkan kadang mengalami kesulitan mencari bahan baku karena berebut dengan orang pengrajin lain.

Dengan menekuni bisnis kerajinan rotan ini, hasilnya sangat menjajikan. Selain itu, keberadaan home industri yang dikelola kakah beradik ini bisa membuka lapangan kerja khususnya masyarakat Desa Karangasem, dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar

0 Komentar