Gak Repot Lagi Pake Set Top Box, Tanpa STB Bisa Kok Nonton TV Digital! Penasaran? Simak Caranya

Gak Repot Lagi Pake Set Top Box, Tanpa STB Bisa Kok Nonton TV Digital! Penasaran? Simak Caranya
Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box (Tokopedia/ ilustrasi)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Apakah bisa nonton TV digital tanpa menggunakan Set Top Box (STB)? Simak sampai akhir.

Dengan ramainya pemberitaan mengenai pengalihan siaran analog, kini masyarakat telah mulai beralih ke siaran digital. Pengalihan tersebut, bisa menggunakan STB maupun dengan menggunakan TV yang berbasis digital.

Jika tidak ingin mengganti televisi, maka bisa menggunakan STB. Apalagi harganya terjangkau yaitu mulai dari Rp100 ribuan. Hanya saja, dengan menggunakan STB, tentu harus mulai beradaptasi dan belajar menggunakannya.

Baca Juga:Punya Uang 1 Jutaan, Bisa Dapat HP Spek Oke Gak? Bisa, Ini Ada HP Infinix Smart 6 Plus, Kepoin Nih SpeknyaBuat Apa Beli yang Mahal, Harga 1 Jutaan Bisa Beli HP Murah Kualitas Oke Loh! Ini Rekomendasinya Nih

Namun jika tidak ingin repot dan mempunyai dana lebih, maka bisa beralih dengan menggunakan TV digital. Jika menggunakan televisi tersebut, maka tidak perlu lagi menggunakan STB dan cenderung lebih praktis.

Sebelum membeli sebuah televisi baru, bisa di lakukan pengecekan pada televisi yang sudah di miliki. Dari situ akan di ketahui, apakah televisi sudah mendukung siaran digital atau belum.

Tapi, ada beberapa informasi yang mengatakan jika nonton TV digital bisa di nikmati tanpa menggunakan STB selain dengan menggunakan televisi yang berbasis digital. Wah, bagaimana ya caranya? Simak cara nonton TV tanpa menggunakan STB, berikut ini.

Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box

Sudah tahu bagaimana cara mengecek televisi sudah berbasis digital? Hal ini harus di ketahui agar tidak perlu lagi menggunakan STB. Cara untuk mengeceknya yaitu periksa spesifikasinya dan masukkan nomor model TV pada halaman resminya maupun dengan melakukan pencarian pada Google.

Bisa juga dengan mengecek bagian belakangnya yaitu dengan melihat apakah sudah ada tulisan DVB-T2,ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Selain dengan menggunakan televisi yang telah berbasis digital, ada juga cara lainnya untuk bisa menonton televisi digital tanpa menggunakan STB. Cara tersebut yaitu dengan menggunakan tuner TV digital. Bagi yang belum tahu apa itu tuner TV digital, merupakan perangkat yang di hubungkan dengan televisi yang akan membantu untuk menangkan siaran digital.

Tidak hanya untuk televisi saja, namun juga bisa di gunakan untuk perangkat lainnya seperti laptop, smartphone, PC dan lainnya. Macamnya pun ada banyak yaitu tuner internal, tuner eksternal atau converter box dan antena.

Baca Juga:Gak Mau Repot Pakai STB? Pakai TV Digital, Harga Murah di Bawah 1 Juta, Ini Rekomendasinya dari Berbagai Ukuran Hingga 24 InchBuat Pengguna Baru, Merapat!! Begini Cara Menggunakan Set Top Box Evercoss

Beberapa contoh alat ini yaitu Unique TV Tuner USB Ultimate, MyGica USB TV Tuner Stick, dan Gadmei USB TV Tuner Stick 380. Demikian, itulah informasi mengenai cara untuk menonton siaran digital tanpa menggunakan Set Top Box.

0 Komentar