Begini 5 Cara Membersihkan Kipas Angin Dengan Benar

Begini 5 Cara Membersihkan Kipas Angin Dengan Benar
kipas angin/foto:https://merekbagus.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang banyak di gunakan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di daerah tropis. Produk ini sangat bermanfaat di kala musim panas menyerang karena dapat menyejukkan ruangan.

Meskipun AC di katakan lebih baik, namun tidak semua rumah memiliki listrik yang memadai selain itu tentunya pengeluaran juga lebih banyak jika menggunakan AC. Maka dari itu tak heran banyak yang menggunakan kipas angin sebagai alternatif.

Di pasaran ada banyak sekali merk kipas angin dan berikut ini merk kipas angin terbaik dan hemat listrik. Namun sebelumnya mari simak cara memilih kipas angin yang tepat

Baca Juga:Inilah Ekterior & Interior Calya Facelift 2022 Laris Pasaran5 Rekomendasi Tempat Camping Di Pangalengan Bandung

Cara Membersihkan Kipas Angin

Di himpun dari laman The Spruce dan sumber lainnya, berikut cara membersihkan kipas angin yang mudah.

1. Blower

Blower adalah perangkat yang berfungsi untuk memperbesar dan meningkatkan tekanan udara gas di alirkan ke dalam ruangan tertentu, seperti di kutip dari laman Winston Engineering.

Alat ini juga dapat di manfaatkan untuk membersihkan kipas angin. Caranya pindahkan kipas angin terlebih dahulu ke luar ruangan, lalu gunakan blower untuk meniup debu pada kipas angin. Namun, cara ini tidak efektif di gunakan pada kipas dengan debu yang sudah tebal.

2. Larutan cuka, baking soda, sabun

Cara membersihkan kipas angin berikutnya adalah menggunakan larutan yang terbuat dari campuran cuka, baking soda, dan sabun.

Caranya campurkan 1/2 gelas cuka, 3 sdm baking soda, dan 2 sdm sabun cuci piring, lalu masukkan dalam botol semprotan.

Kocok cairan tersebut dan semprotkan ke bagian kipas yang berdebu. Kemudian masukkan kipas ke dalam plastik dan nyalakan dengan kecepatan tinggi selama lima menit. Debu akan terlepas dari kipas!

3. Garam atau pasir

Garam juga dapat di gunakan untuk membersihkan kipas angin tanpa perlu membongkarnya. Metode ini cocok untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian baling-baling kipas.

Baca Juga:Apakah Receiver Parabola Bisa Untuk TV Digital? Yuk Simak disini Jangan Sampai SalahGila! Akhir 2016 Promo Besar Mobil Baru Harga 100 Jutaan Cukup Menarik Untuk Dilirik Masyarakat

Pertama, ambil selembar kertas dan letakkan kipas di atasnya. Kemudian taburkan garam di atasnya dan nyalakan kipas selama beberapa menit. Jika tidak ada garam, Anda bisa menggantinya dengan pasir yang bersih dan kering.

4. Hair dryer

Cara membersihkan kipas dengan hair dryer hampir sama dengan menggunakan blower. Anda bisa mendorong debu pada kipas angin keluar dengan alat pengering rambut ini tanpa harus membongkarnya.

Beri jarak sekitar 12-25 cm antara hair dryer dengan baling-baling kipas dan gunakan udara yang paling dingin dari hair dryer.

5. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner atau alat penyedot debu juga dapat di manfaatkan untuk membersihkan kipas yang kotor oleh debu.

Caranya bawa kipas ke tempat terbuka lalu lakukan proses pembersihan dengan vacuum cleaner dari dalam bagian kipas.

0 Komentar