Dua Bulan Alami Krisis Air Bersih

0 Komentar

Krisis air bersih terus meluas di Kabupaten Cirebon, dampak kemarau panjang atau el nino. Menindaklanjuti hal itu, Brimob Batalyon C Pelopor Polda Jabar turut mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga, Senin pagi.

Ratusan warga Desa Mundu Pesisir, Kabupaten Cirebon berlarian menyerbu mobil water canon Korps Brimob Batalyon C Pelopor Polda Jabar yang membawa air bersih, Senin pagi. Tak hanya mobil watercanon, tiga truk tangki yang membawa air bersih pun didatangkan di beberapa blok seperti Karangglindingan Desa Mundu.

Ember, drigen dan galon berjejer menunggu giliran pengisian air bersih. Dengan dibantu aparat kepolisian, Brimob dan TNI, warga mengaku rela menunggu lama ditengah teriknya panas matahari demi bisa mendapatkan bantuan air gratis.

Baca Juga:Aktivitas Pemulung Di TPA Kopi Luhur Berangsur Normal KembaliKebakaran Lahan Di Kuningan Kerap Terjadi

Krisis air bersih ekstrim akibat fenomena el nino atau kemarau berkepanjan ini sudah dialami sejak dua bulan terkahir. Sumur warga telah menyusut, berlumpur dan berasa asin. Untuk memenuhi kebutuhan dasar air sehari-hari warga membeli dan untuk mandi warga harus membeli air bersih atau mencari sumber air yang jaraknya cukup jauh.

Sementara itu, bantuan kemanusiaan, berupa air bersih ini merupakan inisiasi Korps Brimob menyikapi dampak kemarau panjang yang dirasakan ditengah masyarakat. Sebanyak 31 ribu liter air didistribusikan ke sejumlah titik yang mengalami krisis air bersih.

Warga berharap bantuan air bersih itu dapat rutin dikirim untuk bertahan hidup seperti keperluan minum, memasak dan lainnya

0 Komentar