6 Dalang Muda Meriahkan Pagelaran Wayang Di Keraton Kacirebonan

0 Komentar

Sebanyak enam dalang muda dari Cirebon, tampil memukau dalam memeriahkan pagelaran wayang kulit di alun-alun Keraton Kacirebonan. Pentas dalang muda sebagai bentuk apresiasi regenerasi profesi dalang, pada milad ke 6 Griya Budaya.

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Kota Cirebon, Elang Iyan Ariffudin, secara simbolis menyerahkan kayon wayang, kepada salah satu dalang muda yang masih remaja, yakni Wisnu Lanjaya, pelajar kelas 10 SMA di Gegesik, untuk membawakan lakon wayang kulit.

Pagelaran wayang yang dilaksanakan di alun-alun Keraton Kacirebonan ini, tidak hanya di saksikan kalangan tokoh budaya, namun banyak masyarakat dan kalangan anak muda datang.

Baca Juga:Gema BurgerWaspada, Komplotan Copet Berkeliaran

Sengaja memberi kesempatan kepada dalang muda, salah satunya sebagai wujud apresiasi regenerasi profesi dalang di Cirebon, pada kegiatan milad ke 6 Griya Budaya, agar mereka dapat meneruskan pelestarian wayang kulit gagrak Cirebon.

Beberapa lakon atau cerita yang di bawakan oleh grojogan 6 dalang ini, seperti cerita, babad alas, wahyu mahkota Rama, kresna duta dan tiga cerita lain. Yang berlangsung selama lima jam, semalam suntuk, salah satu dalang muda Wisnu Lanjaya mengaku, bangga bisa berpartisipasi mengisi milad ke 6 Griya Budaya.

Para generasi penerus profesi dalang ini, diharapkan terus diberi wadah untuk tampil, dalam momen budaya. Baik di tingkat lokal, hingga nasional

0 Komentar