Bukan Cuma Dilihat dari Fisik Saja, Ini Ciri TV LED Digital yang Harus Kamu Ketahui Agar Tak Salah Lagi

Bukan Cuma Dilihat dari Fisik Saja, Ini Ciri TV LED Digital yang Harus Kamu Ketahui Agar Tak Salah Lagi
Ciri TV LED Digital (LG)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sebagai penikmat tayangan televisi, pastinya sudah tahu bukan mengenai pengalihan siaran analog? Ya, kini siaran analog telah beralih ke siaran digital. Maka, agar dapat menikmati tayangan televisi tanpa hambatan, perlu menggunakan televisi yang berbasis digital. Misalnya saja televisi dengan jenis layar LED. Namun, apakah sudah tahu ciri dari TV LED yang sudah digital? Cari tahu hingga akhir.

Ciri Televisi Digital

Jika ingin membeli sebuah televisi baru yang berbasis digital, maka dapat di lihat dari cirinya. Baik secara fisik maupun non fisik. Berikut beberapa cirinya.

– Lihat dari Bentuknya

Televisi yang sudah berbasis digital, bentuknya tidak lagi seperti model televisi tabung. Sebab, televisi tabung masih termasuk analog sehingga tidak bisa untuk menonton siaran digital. Kecuali dengan penambahan alat bernama set top box, maka televisi tabung bisa di gunakan untuk menonton siaran digital.

Baca Juga:Cari Tahu Penyebab dan Solusi Set Top Box Evercoss yang Tidak Ada Siaran, Simak Selengkapnya Hingga AkhirMasih Cari yang Berkualitas Tapi Harganya Murah? Berikut Beberapa Rekomendasi Set Top Box yang Bersertifikasi Kominfo

Biasanya, televisi yang berbasis digital, bentuknya cenderung ramping dan tipis. Namun, bukan berarti setiap televisi yang bentuknya ramping dan tipis, sudah termasuk digital. Maka, akan ada penilaian juga pengecekan lebih lanjut selain melihat dari bentuknya saja.

– Kualitas Gambar dan Audio Nampak Lebih Jernih

Tidak seperti TV analog, TV LED yang sudah digital akan memiliki ciri kualitas gambar dan audio yang lebih jernih. Sebab, televisi digital mempunyai kemampuan untuk mengurangi efek noise sehingga akan berpengaruh pada kualitas gambar dan audionya.

Kemudian, resolusinya pun sudah HD bahkan 4K yang membuat gambar terlihat nyata. Begitupun juga dengan audionya yang menggunakan Dolby Audio sehingga akan membuat audio terdengar seperti ada di bioskop.

– Lihat Spesifikasi Secara Lengkap dan Cek di Laman Kominfo

Agar dapat di ketahui secara pasti, maka bisa melakukan pengecekan spesifikasinya yaitu dengan melihat bagian belakangnya. Lihat apakah ada tulisan ATSC, DTV, Digital Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Kemudian, ciri TV LED yang sudah digital yaitu sudah memiliki sub channel. Misalnya Channel A-1 dan Channel A-2. Jika di temukan hal demikian, maka televisi sudah termasuk digital.

Cara lainnya yaitu dengan pengecekan pada laman Kominfo. Masukan merek dan model televisi yang di miliki, sehingga akan di ketahui apakah merek dan model televisi yang di cari sudah termasuk digital atau belum.

0 Komentar