Hanya 2 TPI Di Kab. Cirebon Yang Aktif

0 Komentar

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, merilis hanya dua TPI yang aktif se-Kabupaten Cirebon. Sisanya, TPI tidak aktif melakukan aktivitas pelelangan ikan.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, mendata hanya ada dua dari tujuh tempat pelelangan ikan atau TPI yang saat ini aktif. Faktor tidak optimalnya koperasi nelayan dalam memberikan dukungan permodalan kepada nelayan, menjadi salah satu penyebab.

Nelayan di lima TPI di Kabupaten Cirebon yang tidak aktif, sampai saat ini menjual hasil tangkapan langsung kepada perseorangan atau tengkulak. Hutang nelayan kepada tengkulak, juga memiliki peran terhadap fungsi TPI yang hingga kini tidak maksimal.

Baca Juga:Bupati Dorong TPI Ender Bisa Berfungsi OptimalPolsek Arjawinangun Gelar Patroli Antisipasi C3

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, optimalisasi TPI terus didorong oleh pemerintah. Diantaranya dengan memaksimalkan koperasi nelayan agar bisa mendukung aktivitas nelayan.

Sementara, selain faktor belenggu hutang nelayan kepada tengkulak, infrastruktur TPI juga memiliki andil besar dalam memfungsikan tempat pelelangan ikan di Kabupaten Cirebon. TPI yang saat ini aktif diantaranya TPI Karangreja dan Bondet.

Pemerintah juga mendorong TPI Ender ini, untuk bisa berfungsi setelah mendapatkan bantuan pembangunan dan perbaikan infrastruktur

0 Komentar