Jalan Baru Kuningan Ditutup Sebagian Selama 2 Bulan, Perhatikan Jadwal Jam Penutupan Jalan Lingkar Timur Kuningan

sumber dari: https://radarkuningan.disway.id/read/651562/tebing-mulai-ambrol-jalan-lingkar-timur-kuningan-bakal-ditutup
sumber dari: https://radarkuningan.disway.id/read/651562/tebing-mulai-ambrol-jalan-lingkar-timur-kuningan-bakal-ditutup
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jalan Baru Kuningan atau Jalan Lingkar Timur (Jalintim) bakal di tutup selama 2 bulan ke depan karena ada pengupasan tebing yang di lakukan untuk keamanan pengendara.

Kendati demikian tidak Jalan Baru Kuningan tidak semuanya di tutup. Hanya akses dari Simpang Empat Garatengah sampai dengan Simpang Empat Karangmangu yang di tutup sebagian.

Sehingga kendaraan masih bisa melintasi Jalan Baru Kuningan atau Jalintim mulai dari Sampora sampai dengan Simpang Empat Garatengah.

Baca Juga:Bukan Hanya Rasanya Yang Nikmat, Ternyata Ini Manfaat mengonsumsi Jus Mangga Juga baik Untuk Kesehatan Tubuh Lhoo!Ternyata Mengonsumsi Jus Tomat Banyak Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang dan Menghindari Penyakit Jantung

Kemudian ada waktu di mana ruas jalan tersebut di buka dan dapat di lalui kendaraan. Sebab, penutupan hanya di lakukan mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Selebihnya, Jalintim Kuningan masih bisa di lewati oleh kendaraan. Tetapi harus tetap ekstra hati-hati karena melintasi area proyek.

Seperti di ketahui, Jalan Lingkar Timur Kuningan sedang di lakukan pengupasan tebing di area yang cukup curam.

Sebab, terdapat bagian dengan kemiringan tebing yang kurang dari 1 meter dan di khawatirkan bakal terjadi longsor.

Pengupasan tersebut membuat area tebing nantinya memiliki kemiringan setidaknya 1 meter bahkan lebih, sehingga lebih landai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) , I Putu Bagiasna mengatakan, pada akhir tahun 2023 di perkirakan pekerjaan pengupasan tebing sudah dapat di selesaikan.

Sehingga akses jalan baru tersebut sudah dapat di lalui dengan normal oleh kendaraan dan tentunya secara aspek kesalamatan bakal lebih baik.

Baca Juga:Semakin Krisis! Manchester United Kembali Menelan Kekalahan Usai Laga Carabao Cup 2023 Melawan Newcastle United Dengan Skor Telak 3 – 0!Kejutan di Liga Jerman! Saarbrücken Klub Divisi Tiga Liga Jerman Singkirkan Bayern Munchen

Rencananya, pekerjaan pengupasan di lakukan dengan membuat semacam trap sebanyak 4 susun. Karenanya, pekerjaan melibatkan alat berat untuk mempercepat.

Kemiringan tebing di Jalintim Kuningan tersebut memang menjadi ikon dari ruas jalan tersebut, tetapi kondisinya juga di nilai berbahaya untuk pengendara.

Apalagi memasuki musim penghujan dengan curah hujan tinggi, di khawatirkan justru terjadi longsor yang dapat menutup badan jalan.

“Jadi kita kupas supaya kondisi tebing tidak terlalu tegak. Kalau lebih landai tentunya bisa mencegah terjadinya longsor,” katanya.

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi menambahkan, pekerjaan tersebut memang tidak terlalu rumit. Tetapi area yang di kupas cukup besar sehingga memakan waktu.

Penutupan ruas jalan tersebut juga memperhatikan keselamatan pengendara saat proyek di laksanakan oleh rekanan.

Seperti di ketahui, Jalintim Kuningan menjadi akses yang kini sangat penting karena ruas tersebut menjadi alternatif dari jalur utama Kuningan – Cirebon.

Oleh karena itu, Teddy berharap agar pekerjaan dapat di laksanakan dan selesai tepat waktu, sehingga Jalintim Kuningan dapat kembali di fungsikan sebagaimana mestinya.

“Kita berharap setelah pengupasan ini, tebing menjadi lebih landai dan tidak terlalu tegak seperti sekarang. Jadi pengendara juga tidak waswas saat melintas,” tukasnya.

Adapun anggaran untuk pengupasan tebing Jalintim Kuningan tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) sebesar Rp 8 miliar.

0 Komentar