Jangan Panik! Ketahui Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet untuk Mengantisipasi

Jangan Panik! Ketahui Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet untuk Mengantisipasi
Pencegahan Cacar Monyet (Tirto.ID)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – WHO atau World Health Organization telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan. Pasalnya, kasus ini telah menjangkit hingga lebih dari 70 negara, lantas bagaimana pencegahan cacar monyet?

Sebelum mengetahui pencegahannya, mari kenali sedikit mengenai penyakit tersebut. Penyakit ini di sebabkan oleh infeksi virus langka dari hewan. Secara global, virus tersebut biasa di katakan sebagai virus Monkeypox.

Penularan awalnya yakni melalui hewan ke manusia. Bisa dalam bentuk cakaran hingga dalam bentuk gigitan. Jika hewan sedang terinfeksi dan manusia mengenai cakaran atau gigitan hewan tersebut, maka akan terjadi penularan.

Baca Juga:Kenali Lebih Banyak Mengenai Penyakit Ini, Berikut Fakta Cacar MonyetAsyik, Harga BBM di Sejumlah SPBU Sudah Turun! Cek Harga Terbarunya

Beberapa hewan yang bisa menularkannya yakni monyet, tikus, tupai (hewan primata dan pengerat). Konon, penamaan virus Monkeypox, karena monyet merupakan inang utama dari virus tersebut.

Selain dari gigitan maupun cakaran, penularan lainnya bisa dari cara lain. Penularan dapat terjadi jika terjadi kontak langsung dengan penderitanya. Misalnya berupa percikan air liur, luka maupun benda mati yang dapat terkontaminasi.

Pencegahan Cacar Monyet

Agar dapat terhindar dari wabah penyakit ini, maka bisa melakukan beberapa pencegahan.

Pertama, hindari untuk kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi virus Monkeypox tanpa menggunakan pelindung.

Kedua, hindari untuk menggunakan barang, alat makan secara bergantian dengan penderita yang terinfeksi penyakit ini.

Ketiga, konsumsi daging yang sudah matang. Maka pastikan jika ingin mengonsumsi daging, konsumsi daging yang telah di masak dengan benar.

Keempat, rajin untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Cuci tanganlah ketika ingin makan, memasak, maupun menyentuh area wajah dan luka. Hal ini bukan hanya untuk penyakit ini saja, namun juga sebagai langkah agar dapat menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga:Penyakit Cacar Monyet Berbeda dengan Cacar Air, Kenali Perbedaannya dan PencegahannyaAda Banyak Manfaat Jika Kamu Menerapkan Pola Hidup Sebagai Vegan, Apa Saja? Yuk Cari Tahu Sini

Kenali Gejalanya

Setelah mengetahui pencegahan cacar monyet, kenali juga gejalanya. Gejala yang dapat di rasakan berdasarkan yang di lansir dari laman Siloam Hospital yakni akan timbul beberapa gejala ketika periode invasi.

Periode invasi yang berlangsung 0-5 hari, akan menimbulkan gejala berupa sakit kepala berat, demam, sakit punggung, lemas, nyeri otot, mual muntah hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Hal lain yang bisa di timbulkan yaitu gangguan pernapasan. Misalnya radang tenggorokan, batuk hingga mengalami hidung tersumbat.

Setelah itu akan masuk ke periode erupsi kulit yang akan menimbulkan ruam kulit. Ruam akan muncul pada wajah hingga menyebar ke seluruh tubuh.

0 Komentar