Kasus Cacar Monyet Terdeteksi Di Kab. Cirebon

0 Komentar

Kasus cacar monyet atau monkey pox (Mpox) terdeteksi di Kabupaten Cirebon. Saat ini ada satu kasus aktif dimana penyintasnya melalukan isolasi mandiri dirumah di Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Salah seorang warga Kabupaten Cirebon berjenis kelamin laki-laki berusia sekitar 24 tahun dari Desa Pemengkang mengalami demam denhan gejala-gejala seperti terpapae mpox. Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menerima laporan pada hari Jumat tanggal 25 Oktober lalu, dengan gejala demam, nyeri sendi lalu timbul lesi atau benjolan berisi cairan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr Neneng Hasanah mengatakan, atas kondisi tersebut langsung dilakukan pengambilan sample yang kemudian dikirimkan ke Balitbangkes RI. Dari hasil labolatorium, diketahui yang bersangkutan positif terpapar mpox.

Baca Juga:Serikat Buruh Berunjuk Rasa Di Depan Kantor Bupati CirebonPengembangan Wisata Cikuya Belawa Butuh Konsultan

Dinkes langsung melakukan penelurusan kontak erat, dari kondisi tersebut ditemukan ada tiga kontak erat yakni ibu dan dua adik dari pasien terpapar tersebut. Kondisi kesehatan yang bersangkutan bagus sehingga tidak dirawat diruang isolasi rumah sakit tapi hanya melakukan isolasi mandiri dirumah.

Sementara, penderita mpox akan menjalani isolasi mendiri selama 21 hari. Disisi lain, Dinas Kesehatan sendiri sudah menyiapkan fasilitas kesehatan, di 12 rumah sakit yang memiliki fasilitas ruang isolasi yang siap digunakan

0 Komentar