Inilah sosok Raja penakluk Nyi Roro Kidul, Yang Rela Wujudkan Apa Saja Hingga Nekat Lakukan Ini di Laut Selatan

sumber dari: https://www.viva.co.id/foto/1474405-legenda-dan-kepercayaan-jawa-nyi-roro-kidul
sumber dari: https://www.viva.co.id/foto/1474405-legenda-dan-kepercayaan-jawa-nyi-roro-kidul
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul, merupakan sosok penguasa gaib kerajaan laut selatan pulau Jawa.

Di sebutkan dalam kisah rakyat yang berjudul Babad Tanah Jawi. Nyi Roro Kidul memiliki kekuatan supranatural, dan memimpin ribuan makhluk gaib.

Namun, ada satu sosok yang di ketahui bisa membuat Nyi Roro Kidul bertekuk lutut. Sosok tersebut adalah Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram.

Baca Juga:Shin Tae-yong Coret 5 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Lawan Brunei Jelang Hadapi Irak dan Filipina5 Kekuatan dari Sosok Mahoraga Shikigami Terkuat di Anime Jujutsu Kaisen yang Terungkap Sejauh Ini!

Di lansir dari youtube Kawula pada 3 november 2023, suatu hari laut selatan bergejolak. Alam di sekitarnya kacau balau, dan dasar lautan terasa panas.

Nyi Roro Kidul sebagai penguasa di sana kemudian mencari tahu penyebabnya. Ternyata hal itu merupakan ulah dari Danang Sutawijaya, yang melakukan tapa di tepi pantai.

Setelah laut selatan di buat porak poranda. Nyi Roro Kidul meminta belas kasihan kepada Danang Sutawijaya. Selain itu, Nyi Roro Kidul bersedia memenuhi segala permintaannya.

Danang Sutawijaya meminta agar Nyi Roro Kidul untuk mengangkatnya menjadi raja, dan membantu segala urusan kerajaan di masa pemerintahannya kelak.

Setelah berhasil mendirikan kerajaan Mataram, Sutawijaya menobatkan dirinya jadi sultan dengan gelar Panembahan Senopati.

Seiring berjalannya waktu pertemuan Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul semakin intens. Panembahan Senopati akhirnya jatuh cinta kepada Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul mengajak Panembahan Senopati untuk berkunjung ke kerajaan laut selatan. Selama di sana Nyi Roro Kidul banyak memberi ilmu tata negara.

Baca Juga:Mulai Tanggal 1 Januari 2024, Beli Gas LPG 3 Kilogram Wajib Tunjukkan KTP !Resmi! Vinicius Junior Perpanjang Kontrak di Real Madrid Hingga 2027

Selama tiga hari tiga malam Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul menjalin cinta. Mereka akhirnya menikah.

Dalam pernikahan itu tersebutlah perjanjian. Hubungan gaib itu tidak akan menghasilkan keturunan langsung.

Namun, raja-raja kerajaan Mataram selanjutnya akan menjadi suami dari Nyi Roro Kidul.

Walaupun kisah tadi masih berupa mitos, dan telah di kaji oleh para ilmuwan, namun, kemasyhuran akan kisah tersebut sulit di lepaskan dari pandangan masyarakat Jawa.

Pasalnya, hal tersebut telah berkaitan dengan sejarah, adat istiadat, dan budaya yang masih terus berkembang hingga kini.

0 Komentar