Mengupas Tuntas Siapakah Pelukis Lukisan Nyi Roro Kidul? Ternyata Ini Sosoknya!

sumber dari: https://www.tokopedia.com/jendelaubud/lukisan-nyi-roro-kidul-tinggi-100-x-lebar-80-cm?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=pdp-seo
sumber dari: https://www.tokopedia.com/jendelaubud/lukisan-nyi-roro-kidul-tinggi-100-x-lebar-80-cm?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=pdp-seo
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Artikel ini akan mengupas tuntas siapakah pelukis lukisan fenomenal Nyi Roro Kidul yang begitu fenomenal. Lantaran beberapa lukisannya karena mengandung misteri akan kehadiran sosok ratu penghuni pantai selatan itu.

Kini lukisan fenomenal Nyi Roro Kidul di simpan di Istana Negara sebagai koleksi. Apalagi dia di lukiskan sebagai wanita cantik berambut panjang mengenakan gaun berwarna hijau.

Lantas, siapakah pelukis lukisan fenomenal Nyi Roro Kidul? Dia adalah Raden Basoeki Abdullah yang lahir pada 27 Februari 1915 di Sriwedari Solo.

Baca Juga:Inilah sosok Raja penakluk Nyi Roro Kidul, Yang Rela Wujudkan Apa Saja Hingga Nekat Lakukan Ini di Laut SelatanShin Tae-yong Coret 5 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Lawan Brunei Jelang Hadapi Irak dan Filipina

Basoeki Abdullah merupakan anak dari pasangan Raden Abdullah Suriosubroto dan Raden Ayu Sukarsih. Ia terkenal sebagai salah satu ikon seni lukis Indonesia yang terkenal dengan gaya naturalistik-realistiknya. Basoeki Abdullah melukis Nyi Roro Kidul setelah ia menginap di Hotel Samudra Beach, di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Dalam buku berjudul Sang Hanoman Keloyongan karya Agus Dermawan T menceritakan bagaimana Basoeki Abdullah melihat sosok Nyi Roro Kidul. Saat itu, sang seniman berdiri di garis pantai dan tidak bergeser sedikit pun.

Basoeki Abdullah menangkap sesuatu tidak bisa keluar dari balik cakrawala kabut dan berkata “Nyai dan tujuh ekor kudanya”. Dia kemudian menuangkan pengalaman spiritualnya itu ke dalam sebuah lukisan.

Namun, di balik keindahan lukisan tersebut terdapat misteri menarik. Dalam proses pembuatannya, Basoeki Abdullah menggunakan tiga model yang kemudian mengalami sakit dan meninggal dunia secara misterius.

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa lukisan tersebut tidak pernah selesai karena model-model yang digunakan sakit atau meninggal dunia.

Putri Basoeki Abdullah, Cecillia Shilawati, dan kepala Museum Basoeki Abdullah yakni Maeva Salma mengungkapkan bahwa cerita mengenai sakit dan kematian model tersebut hanya cerita melalui orang lain.

Meskipun demikian, lukisan yang menggunakan model-model tersebut tidak pernah selesai. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Nyi Roro Kidul tidak menginginkan dirinya dilukis dengan menggunakan model.

Baca Juga:5 Kekuatan dari Sosok Mahoraga Shikigami Terkuat di Anime Jujutsu Kaisen yang Terungkap Sejauh Ini!Mulai Tanggal 1 Januari 2024, Beli Gas LPG 3 Kilogram Wajib Tunjukkan KTP !

Kisah menarik lainnya tentang kehadiran sosok wanita misterius saat Basoeki Abdullah dan keluarganya mengunjungi sebuah hotel di Pantai Pelabuhan Ratu. Wanita tersebut mendekati Cecillia dengan wajah mirip dengan sosok Nyi Roro Kidul yang di lukis oleh Basoeki Abdullah.

Demikian informasi siapa pelukis lukisan fenomenal Nyi Roro Kidul.

0 Komentar