Daftar Kuliner Khas Bukittinggi yang Bikin Kamu Ketagihan, Lamak Bana!

Daftar Kuliner Khas Bukittinggi yang Bikin Kamu Ketagihan, Lamak Bana!
kuliner khas bukittinggi: min.wikipedia.org
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Liburan ke kota wisata Bukittinggi di Sumatra Barat akan memberikan pengalaman yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Kita bisa menikmati pemandangan alam yang menawan, mengenal lebih dekat dengan budaya Minangkabau, mengunjungi bangunan dan monumen bersejarah, dan menikmati kulineran.

Bicara soal kuliner khas bukittinggi nya, bahan masakan yang di gunakan agak berbeda dengan yang di jual di rumah makan Padang yang biasa kita coba di luar tanah Minang.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas dari Bukittinggi yang wajib kamu coba. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga:Keajaiban Tersembunyi di Sumatera Barat: 5 Danau yang Saya Kalau di LewatkanMemahami Perbedaan: Vivo V29 dan Vivo V29e, Ponsel Vivo Terbaru dengan Fitur yang Berbeda!

1. Nasi Kapau

Ada banyak warung nasi kapau recommended di Sumatera Barat. Hampir semua penjual nasi kapau di lokasi wisata selalu ramai pembeli. Kalau kamu sedang berada di pusat kota Bukittinggi, kamu bisa ke Pasar Ateuh (atas) di Los Lambuang yang tidak jauh dari monumen Jam Gadang.

Yang paling laris manis di kunjungi wisatawan adalah warung Uni Lis. Tapi kalau tak tahan antrean panjangnya, warung nasi kapau di kios lain juga sama enaknya, kok. 

Jika kamu berniat mencicipi nasi kapau oleh orang asli sana, kamu harus mampir ke Kapau Nagari, Kabupaten Agam, sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Kamu akan di manjakan lezatnya lauk pauk bumbu balado dan sayur khas nasi kapau yang berbeda dari makanan Padang pada umumnya. 

2. Sate Padang

Kata orang asli Minang, rasa sate Padang yang di jual di pulau lain berbeda dengan di tempat asalnya. Yang terkenal adalah warung sate Padang Daguang-Daguang yang berlokasi di depan stasiun kereta api lama Bukittinggi. Enak di nikmati sambil menikmati segelas teh talua atau teh telur. Hangat di perut, lumer di lidah!

3. Karupuak kuah

Kerupuk lebar atau opak ini terbuat dari bahan singkong atau beras. Di atasnya di siramkan kuah sate Padang yang di campur sambal dan bihun. Banyak di jual di tempat tujuan wisata, salah satunya di area Jam Gadang. Jajanan murah meriah ini sangat lezat dan hanya ada di Minang, lho. Jangan sampai gak mencobanya!

4. Ampiang dadiah

Rasanya unik. Di buat dari campuran antara karamel gula merah, ketan putih, dan ketan merah (ampiang), dan susu kerbau yang di fermentasi hingga bertekstur padat seperti keju. Kamu gak akan menemukan jajanan ini di tempat lain, selain di tanah Minang. Rugi jika tidak menoba. Yang cukup terkenal adalah ampiang dadiah yang di jual di Pasar Lereng.

5. Itiak lado mudo

Artinya bebek masak sambal hijau. Ada dua cara memasaknya, yakni di buat rendang (balado) atau di gulai. Semuanya lezat. Surganya pecinta makanan pedas ada di sini.

Baca Juga:Pilihan Terbaik untuk HP VivoTerbaru: Daftar HP Vivo Terkni untuk Berbagai KebutuhanSamsung Galaxy A34 5G yang Cocok Bangat Untuk Gaming Mobile

Yang cukup terkenal di kalangan turis adalah warung itiak balado mudo di Ngarai Sianok. Baru lihat gambarnya saja sudah bikin ngiler nih! Membayangkan pedasnya bebek goreng berbalut cabe hijau rawit berpadu dengan sepiring penuh nasi putih hangat. Wah, tunggu apa lagi? Ayo ke Bukittinggi!

6. Ayam Pop

Ayam pop jadi salah satu menu favorit di rumah makan Padang. Kalau di Bukittinggi, kamu bisa merasakan kelezatannya di Rumah Makan Family, Jalan Benteng Indah dan di Rumah Makan Simpang Raya di Jalan Jend. Ahmad Yani. Ada pula rendang dan masakan khas Minang lain yang bikin lidah bergoyang!

7. Gulai jariang muda

Penggemar jengkol, mana suaranya? Gurihnya jengkol berpadu dengan kuah santan kental ini benar-benar bikin pengin tambah nasi. Bagi yang gak suka jengkol, tenang saja. Banyak lauk pauk lainnya yang gak kalah lezat. Bisa di temukan di rumah makan Padang mana pun di Bukittinggi.

8. Ketupek pical

Sering juga di sebut pecel khas Minang karena berisi sayuran yang di siram bumbu kacang. Rasanya gurih, karena terdiri dari jantung pisang, rebung daun pucuk singkong, dan daun lobak Singgalang.

Di makan dengan irisan ketupat dan di beri kerupuk merah khas Padang di atasnya. Warung yang terkenal menjual pical adalah Warung Pical Sikai, di Jalan Panorama nomor 19C.

Konon katanya warung ini sudah ada sejak jaman Indonesia merdeka, lho. Warung ini juga menjual jajanan tradisional populer bernama lamang tapai, sejenis tape ketan hitam yang di makan dengan ketan yang di bakar di dalam bambu. Enak banget, lho sarapan pical, di tambah penutup lamang tapai di pagi hari. Harus cobain!

Jadi bagaimana dengan informasi seputar kuliner khas bukittinggi di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo agar tidak mudah kebingungan kuliner mana yang harus lo cicipi apabila berkunjung ke sana yaa. Karena memang kota tersebut memiliki kuliner dengan cita rasa yang nikmat dan tidak mudah untuk dilupakan. Langsunglah melancong ke sana dan buktikan sendiri kenikmatannya!

0 Komentar