Sering Dianggap Sama Ternyata Berbeda! Ketahui 6 Perbedaan Matcha dan Green Tea – Kamu Lebih Suka yang Mana, Nih?

bobo.grid.id
bobo.grid.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin masih banyak yang mengira bahwa matcha dan green tea itu bahan pangan yang sama. Baik matcha atau green tea, keduanya ini memang tengan naik daun karena cocok di jadikan sebagai bahan makanan apapun. Maka dari itu perlu kamu ketahui perbedaan antara matcha dan green tea.

Matcha dan green tea sama-sama merupakan jenis teh hijau. Namun, pengolahan dan bentuk produknya berbeda. Jika teh hijau menggunakan daun teh yang di seduh. Sedangkan, matcha adalah versi bubuk dari daun teh hijau. Kedua bahan pangan tersebut berasal dari tumbuhan yang sama, yaitu Camellia sinensis.

Selain itu, tumbuhan ini pun menghasilkan jenis-jenis teh lain seperti teh hitam dan teh oolong. Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk, simak perbedaan matcha dan green tea.

Baca Juga:Penasaran dengan Mobil Presiden Indonesia? Yuk, Simak Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard: Harga Miliaran Mau Samaan dengan Pak Jokowi?Bisa Memberikan Efek “nge-fly”! Berikut 5 Dampak Negatif Makan Buah Kecubung yang Patut Kamu Hindari – Jangan Asal Makan

Perbedaan Matcha dan Green Tea

1. Rasa

Perbedaan yang pertama ini dari segi rasanya. Ketika kamu mecoba green tea, kamu bisa merasakan sensasi sedikit pahit di lidah. Namun, berbeda ketika kamu merasakan matcha yang cenderung lebih manis, pahit, dan tajam atau earthy. Sekarang matcha kini lebih sering di hidangkan dalam bentuk minuman latte, memiliki tekstur yang halus, dan bonus zat kafein.

2. Budidaya

Kemudian budidayanya ini pun tentu berbeda. Pada umumnya, teh hijau di tanam di bawah sinar matahari langsung. Lalu, proses pengeringannya menggunakan metode artisanal. Sementara itu, matcha di tanam di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari langsung.

Semak tanaman ini harus di lindungi dari matahari sekitar 20 hingga 30 hari sebelum di panen. Setelah berhasil di panen, urat dan batangnya di ambil dari daun. Lalu, daunnya di tumbuk hingga bubuk dan dikenal dengan nama matcha.

3. Cara Komsumsi

Selanjutnya cara konsumsinya juga tentu berbeda. Matcha sendiri di buat dengan mencampurkan 1 sdt bubuk matcha ke dalam air panas. Setelah itu, bubuk matcha di aduk sampai merata. Jika kamu membeli matcha di kafe, pasti ada tambahan gula, susu, atau bahan lain.

Sedangkan untuk teh hijau, kamu bisa menyeduh kantung atau daun teh hijau dengan air panas, rendam sebentar, lalu angkat.

4. Warna

Perbedaan lain dari matcha dan green tea ini dari warnanya. Apabila di lihat sekilas memang sama-sama hijau. Jika green tea di seduh, warna yang muncul adalah hijau bening atau lebih jernih dibandingkan matcha. Sementara itu, matcha akan memberikan warna hijau yang lebih terang dan pekat.

5. Tekstur Berbeda

Dari tekstur juga memberikan perbedaan. Green tea teksturnya tidak jauh beda dengan teh lain pada umumnya, yakni seperti daun kering yang di hancurkan dan terasa berpasir. Sedangkan, matcha memiliki tekstur seperti bedak tabur yang terasa halus.

Baca Juga:Curam dan Sempit! Ini Dia Tanjakan Spongebob yang Lagi Viral di Media Sosial Sulit Dilalui dan Ditaklukan: Simak Fakta SebenarnyaBerhasil Menggeser Penyanyi Pop Dunia Michael Jackson? Ternyata Segini Pendapatan Konser Taylor Swift The Eras Tour: Menjadi Salah Satu Penyanyi Miliader Paling Sukses

6. Kandungan Antioksidan dan Asam Amino

Katekin merupakan antioksidan kuat yang bisa meningkatkan metabolisme, daya tahan, serta mengurangi radikal bebas dan racun.

  • Matcha: 134 miligram (tergantung jumlah yang di gunakan)
  • Teh hijau: 63 miligram (tergantung jumlah yang di gunakan)

L-theanine merupakan asam amino yang menawarkan dorongan energi kafein tanpa peningkatan kafein berlebihan. Manfaat Asam amino ini bisa meningkatkan pembelajaran, memori, dan kreativitas. 

  • Matcha: 45 miligram (tergantung jumlah yang di gunakan)
  • Teh hijau: 3 miligram (tergantung jumlah yang di gunakan)

***

0 Komentar