Peringatan Hari Ayah Nasional yang Penuh Sejarah dan Makna, Ini Dia Asal-Usul Hari Ayah Nasional yang Harus Kamu Ketahui

travel.kompas.com
travel.kompas.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa hari ayah Nasional ini di peringati pada tanggal 12 November. Hari ayah Nasional merupakan hari penting yang di peringati pada bulan November setiap tahunnya. Sama seperti peringatan hari penting lainnya, hari ayah ini juga memiliki sejarahnya tersendiri.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa hari ayah Nasional dan hari Ayah Sedunia ini berbeda loh. Di ambil dari Buku Mengembalikan Fungsi Keluarga karya Wahyu Saefudin, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai sejarah hari Ayah.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Hari ayah ini tentunya memiliki sejarah yang cukup unik karena di prakarsai oleh kaum wanita. Dari sejarah yang ada, hari ayah ini di prakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya bernama perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada awalnya, PPIP mengusulkan Hari Ayah ketika peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2014.

Baca Juga:Jangan Asal Diet! Ketahui Jenis Makanan yang Sesuai dengan Golongan Darah Kamu Agar Terhindar Dari Penyakit ini LohLibur Akan Tiba! Segera Dapatkan Tiket Kereta Libur Nataru 2023/2024: Apakah Sudah Bisa Dipesan?

Di acara tersebut di adakan sayembara menulis surat untuk ibu yang di ikuti hampir semua peserta. Dalam sayembara itu juga berhasil memperoleh sekitar 70 surat terbaik yang kemudian di bukukan. Saat acara tersebut sudah selesai, ada salah satu perserta yang membuat pertanyaan “”Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Pertanyaan tersebut tentu saja membuat PPIP mencari tahu informasi kapan Hari Ayah di peringati di Indonesia. Bahkan PPIP juga yang melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta untuk menanyakan jika belum ada penetapan Hari Ayah. Akhirnya PPIP menetapkan tanggal 12 November di tetapkan sebagai peringatan Hari Ayah Nasional.

Untuk deklarasi hari ayah pada waktu itu mengusung semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papa Jaya”. Deklarasi tersebut di selenggarakan di Maumere Flores, NTT yang juga di luncurkan buku Kenangan untuk Ayah.

Sejarah adanya hari ayah ini memang menyimpan banyak perjuangan beberapa tokoh yang begitu mendalam. Serta Hari Ayah Nasional 12 November ini pertama kali di deklarasikan tahun 2006 di Solo pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

***

0 Komentar