Menjadi Pusat Kota Suci Umat Katolik, Berikut Ini 5 Fakta Menarik Vatikan Negara Terkecil di Dunia yang Dikelilingi Ibu Kota Italia

Foto: Repro Kompas.com
Foto: Repro Kompas.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Apabila membayangkan sebuah negara mungkin yang ada di bayangan muncul wilayah dengan luas yang cukup besar dan ada sistem pemerintahan serta ada masyarakat di dalamnya. Namun, untuk ukuran luas wilayah di setiap negara ini cenderung berbeda-beda, karena ada yang besar dan yang kecil. Termasuk Vatikan yang menjadi negara terkecil.

Sama halnya dengan Vatikan atau Kota Vatikan. Walaupun menggunakan embel-embel “kota”, namun kenyataannya merupakan sebuah negara. Vatikan juga biasa di sebut dengan nama Stato della Città del Vaticano. Untuk mengetahui hal-hal menarik seputar negara ini. Berikut fakta menarik Vatikan sebagai negara terkecil di dunia.

1. Memiliki Las 44 Hektar

Mungkin yang terpikirkan sebuah negara ini memiliki luas yang cukup besar untuk menampung semua populasi yang ada di dalamnya. Luas negara Indonesia ini mencapai 1,905 juta kilometer. Namun, apakah kamu tahu bahwa hal ini tidak berlau untuk Vatikan.

Baca Juga:Pilihan Laptop untuk Pelajar Paling Murah Dari Samsung Chromebook 4 -Tampilan Ringkas Sehingga Mudah Dibawa ke Mana-ManaLakukan 4 Rutinitas ini Sebelum Tidur Agar Wajah Kamu Tampak Glowing Saat Bangun Tidur

Perlu kamu ketahui, bahwa Vatikan ini memiliki luas sekitar 44 hektar saja atau hanya sekitar 0,44 kilometer persegi. Tentu saja ini merupakan luas yang sangat kecil jika di bandingkan dengan negara-negara lain yang ada di dunia.

2. Vatikan Berada di Tengah Negara Italia

Kebanyakan negara biasanya memiliki wilayah yang memang eksklusif dan memiliki perbatasaan dari satu negara dengan negara lainnya. Mungkin akan jarang sekali menemukan sebuah negara yang berdiri di tengah-tengah satu negara lainnya. Tetapi hal ini ternyata benar terjadi pada negara Vatikan.

Berdasarkan informasi dari BBC News, Vatikan memiliki wilayah yang menarik karena lokasinya yang dikelilingi oleh ibu kota Italia, yaitu Roma. Hal ini menjadikan Vatikan mungkin menjadi wilayah menarik untuk di kungjungi karena berada di tengah-tengah satu negara. Sehingga tidak berbatasan dengan negara lainnya. 

3. Kota Vatikan Pusat Kekristenan

Banyak orang yang penasaran, sebetulnya fungsi utama dari Kota Vatikan hingga menjadikannya sebagai negara merdeka, walaupun dengan wilayah yang sangat kecil. Sebetulnya Kota Vatikan ini bukanlah menjadi negara biasa, melainkan memiliki tujuan untuk keagamaan.

Menurut UNESCO World Heritage Centre, Kota Vatikan sudah menjadi Pusat Kekristenan sejak berdirinya Basilika Santo Petrus oleh Konstantinus pada abad ke-4. Kemudian, Kota Vatikan menjadi tempat kedudukan permanen dari para Paus, serta menjadi kota suci terutama untuk umat Katolik dan menjadi situs arkologi penting dari Gereja Katolik.

4. Tidak Memiliki Pajak Penghasilan

Sudah bukan hal yang anek lagi jika negara memberlakukan sistem pajak untuk masyarakatnya, sehingga bisa membantu pertumbuhan negara dengan lebih baik. Namun, berbeda dengan Kota Vatikan tidak memberlakukan adanya pajak penghasilan, sehingga bisa di katakan bebas pajak.

Dari Vatican City Tours, Kota Vatikan memang tidak memiliki pajak, tidak memiliki batasan impor ekspor, dan tidak ada biaya bea cukai. Namun, Vatikan bisa bertahan secara finansial karena memang memperoleh pendapatan sumbangan sukarela dari lebih satu miliar umat Katolik Roma di seluruh dunia. Tak hanya itu, bisa mendapatkan finansial bunga atas investasi dan penjualan perangko, koin, hingga publikasi yang sudah dimulai sejak 1980-an.

Baca Juga:Ternyata Ini Kunci Utama Kesuksesan Hp Samsung Galaxy S23 FE – Spesifikasi Mengungguli Para Pesaingnya dan Harga Enggak Bikin Kantong Kamu JeboBarudak Nongkrong Wajib Banget Tahu 5 Tempat Nongkrong yang Hits di Cirebon – Bisa Dijadikan Tempat Meeting dan Work Space

5. Hampir 5 Juta Turis Datang ke Vatikan

Kota ini memang sangat cocok di jadikan sebagai sebagai lokasi berlibur. Hal ini di karenakan memang menjadi kota suci untuk banyak umat Katolik dari seluruh dunia. Maka tak heran apabila banyak para turis berbondong-bondong untuk datang ke vatikan.

Menurut he Vatican Ttickets, kunjungan ke Vatikan bisa hampir menyentuh angka 5 juta turis setiap tahunnya. Saat sebelum pandemi COVID-19 angka dari pengunjungnya mencapai 7 juta turis. Kota Vatikan memang menjadi tempat suci dan istimewa bagi semua umat Katolik Roma, sekaligus menjadi Pusat Kristenisasi di dunia.

***

0 Komentar