Patut Bangga dengan Produk Tanah Air! Ternyata Cokelat Silverqueen Bukan Dari Luar Negeri, Berikut ini Sejarah Cokelat Sejuta Umat

ceklist.id
ceklist.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Pasti banyak yang mengira kalau cokelat Silverqueen ini berasal dari luar negeri. Tentunya banyak yang bertanya-tanya siapa yang menciptakan Silverqueen. Apakah cokelat ini produk asli Indonesia? Kamu akan menemukan jawabannya di sini.

Pertanyaan tersebut pasti selalu terngiang-ngiang di pikiran kita. Silverqueen ini ternyata sudah mendunia sebagai merek cokelat batangan yang dekat dengan konsumen. Perlu kamu ketahui bahwa Silverqueen ini asli produk tanah air Indonesia.

Sejarah Silverqueen

Silverqueen ini tidak lepas dari sosok Ming Chee Chuang. Ia adalah pebisnis asal Burma (Myanmar) keturunan Tionghoa yang telah lama menetap di Bandung. Lahirnya cokelat ini berasal dari langkah Ming Chee Chuang yang membeli perusahaan bernama NV Ceres.

Baca Juga:Langsung Tembus Perjalanan Jakarta-Surbaya! Hadir Mobil Listrik Mercedes Benz dengan Desain Premium: Cek Harganya di SiniKenali Ciri-Ciri Rekan Kerja yang Toxic Segera Jauhi Agar Tidak Memberikan Efek Negatif: Si Provokator Patut Kamu Hindari

Pada era Hindia Belanda, NV Ceres merupakan perusahaan milik orang Belanda yang kemudian di jual seiring masuknya Jepang pada tahun 1942. Kemudian setelah di beli Chuang (Ming Chee Chuang SilverQueen), NV Ceres berubah nama menjadi PT Perusahaan Industri Ceres. Inilah cikal bakal SilverQueen mendunia.

Namun, sekarang perusahaan produsen SilverQueen saat ini berkantor pusat di Singapura di bawah naungan Petra Foods Limited. Berdasarkan informasi dari laman resmi Petra Foods Limited, menjelaskan bahwa perusahaan tersebut kali pertama mendirikan merek SilverQueen dan Ceres di Indonesia pada tahun 1950-an.

Perusahaan keluarga Chuang ini memang melanjutkan bisnis “Ming Chee Chuang SilverQueen” melalui anak-anak Ming Chee Chuang yakni John dan Joseph Chuang. Periode inilah perusahaan induk baru di dirikan di Singapura dengan Petra Foods Pte Ltd di tahun 1984 dan sekaligus penggabungan PT Ceres ke induk baru tersebut.

Silverqueen Bersama Perta Foods

Tahun 1987, Petra Foods mulai mendistribusikan merek pihak ketiga di Indonesia. Perusahaan mencatat sederet portofolio merek cokelat ternama lainnya, seperti merek utama seperti SilverQueen, Ceres dan Delfi.

“Kami adalah pemimpin pasar untuk produk manisan cokelat bermerek di Indonesia. Merek kami juga ditemukan di seluruh wilayah di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina,” tulis perusahaan. Bagi kamu yang bertanya cokelat ini di jual di mana saja, SilverQueen ini sudah mendunia karena tidak hanya dijual di Indonesia.

Pada tahun 2001 Petra Foods juga pernah menandatangani usaha patungan dengan Meiji Seika Kaisha dari Jepang untuk memproduksi kembang gula dan biskuit bermerek Meiji di Indonesia. Saat ini perusahaan terus memasarkan dan mendistribusikan produk permen cokelat di pasar seperti Indonesia, Filipina, Singapura dan Malaysia.

***

0 Komentar