Deklarasi ODF Desa Setupatok

0 Komentar

Deklarasi desa terbebas dari buang air besar sembarangan (ODF), digelar di Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Senin pagi. Deklarasi itu dilakukan guna memastikan tidak ada lagi masyarakat Desa Setupatok yang buang air besar sembarangan dan bisa berperilaku hidup bersih sehat.

Pemerintah Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, memastikan tidak ada lagi warganya yang buang air besar sembarangan, Senin pagi. Hal itu ditandai dengan kegiatan deklarasi open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di kantor balaidesa setempat.

Camat Mundu mengatakan, lewat deklarasi itu, tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan. Selain itu warga juga siap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga:Ratusan Kades & Perangkat Desa Di Brebes Geruduk Gedung DewanMenikmati Sushi Mendoan

Lewat deklarasi itu juga disepakati warga untuk membuang air besar di jamban yang akan tersalurkan langsung ke septik tank tidak ke sungai. Camat mengatakan, genap sudah 5 desa yang sudah mencapai desa ODF. Saat ini capaian desa ODF baru mencapai 70 persen sehingga diperlukan peran serta masyarakat untuk bisa mencapai Kecamatan Mundu terbebas dari buang air besar sembarangan.

Sementara, lewat bantuan pemerintah yang masih terbatas, beberapa rumah rumah warga yang belum memiliki jamban diberikan bantuan pembangunan jamban beserta septiktank

0 Komentar