7 Pilihan Buah yang Ramah Bagi Penderita Asam Lambung

7 Pilihan Buah yang Ramah Bagi Penderita Asam Lambung
Foto: freepik
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Asam lambung tinggi atau penyakit asam lambung seringkali membuat penderitanya harus memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi. Salah satu aspek penting dalam mengelola kondisi ini adalah memilih makanan yang tidak memicu peningkatan produksi asam lambung. Buah-buahan, meskipun kaya akan nutrisi, dapat memainkan peran kunci dalam meredakan gejala asam lambung. Berikut adalah beberapa pilihan buah yang umumnya di anggap ramah bagi penderita asam lambung:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang mudah di cerna dan sering di rekomendasikan untuk penderita asam lambung. Kaya akan serat, pisang dapat membantu mengatasi konstipasi yang seringkali menyertai masalah asam lambung. Selain itu, pisang juga memiliki pH yang tinggi, membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan.

2. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik dan dapat membantu mengurangi asam lambung. Pilih apel yang matang dengan kulitnya, karena serat terbanyak terdapat di kulitnya. Hindari mengonsumsi apel yang terlalu asam, seperti jenis Granny Smith, dan lebih condong ke apel yang lebih manis.

Baca Juga:Wah! Kelezatan 6 Buah Jeruk Ini Kaya Akan Manfaat Loh! Yuk Cari TauTernyata, Ini Buah Apel yang Populer dan Manfaatnya! Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

3. Pepaya

Enzim papain yang terdapat dalam pepaya dapat membantu pencernaan dan meredakan gejala asam lambung. Pepaya juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, suplemen papain dari pepaya juga tersedia untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Melon

Melon, seperti melon madu atau melon cantaloupe, memiliki pH yang tinggi dan dapat memberikan hidrasi tambahan. Kandungan air yang tinggi dalam melon membantu mendinginkan saluran pencernaan dan meredakan iritasi yang mungkin timbul akibat asam lambung.

5. Alpukat

Alpukat, meskipun mengandung lemak sehat, umumnya di anggap aman untuk penderita asam lambung. Lebih lanjut, alpukat dapat membantu melapisi dinding lambung dan memberikan perlindungan tambahan dari asam lambung.

6. Anggur

Anggur merah, terutama varietas yang matang, dapat memberikan manfaat bagi penderita asam lambung. Buah Anggur merah mengandung resveratrol, senyawa yang telah di kaitkan dengan penurunan produksi asam lambung.

7. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry umumnya di anggap aman bagi penderita asam lambung. Beri mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan dapat membantu mengurangi iritasi pada lambung.

Meskipun buah-buahan ini umumnya di anggap aman untuk penderita asam lambung, setiap individu dapat merespons makanan dengan cara yang berbeda. Penting untuk memantau reaksi tubuh dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika ada pertanyaan atau kekhawatiran mengenai diet Anda. Selain itu, penting untuk menghindari buah-buahan yang secara khusus memicu gejala asam lambung pada diri Anda secara pribadi.

Dengan memperhatikan jenis buah yang di konsumsi, penderita asam lambung dapat menemukan pilihan yang enak dan bergizi tanpa harus mengorbankan kesehatan pencernaan mereka.***

0 Komentar