Mengapa Udara Terasa Lebih Dingin Saat Musim Hujan? Ternyata Ini Penyebabnya

Mengapa Udara Terasa Lebih Dingin Saat Musim Hujan? Ternyata Ini Penyebabnya
Mengapa Saat Musim Hujan Terasa Dingin (Sumber: https://www.shutterstock.com/image-photo/rain-on-window-outside-city-1097131202/ tiket.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVHujan merupakan peristiwa jatuhnya titik-titik air dari atmosfer ke permukaan bumi. Proses tersebut di mulai dari proses penguapan air laut akibat penyinaran matahari. Di Indonesia, hujan kerap terjadi terutama saat musim hujan. Saat sedang musim hujan, maka udara akan terasa lebih dingin daripada biasanya. Apalagi jika berada di wilayah pegunungan, maka hawa dingin akan semakin terasa. Apakah alasannya? Berikut beberapa faktor yang menyebabkan hawa dingin ketika musim hujan yang di rangkum dari berbagai sumber.

1. Angin Kencang

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; saat cuaca dingin, angin akan bertiup lebih kencang dan terjadi perubahan iklim yang signifikan. Dengan adanya angin kencang, maka suhu udara berada di bawah batas normal.

2. Pelepasan Panas

Ada beberapa alasan mengapa saat hujan hujan suhu udara menjadi turun, salah satunya adalah pelepasan panas. Di mana pada saat hujan turun permukaan bumi melepaskan panas ke atmosfer secara maksimal.

Baca Juga:Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan, Kulit Jadi Lebih Sehat dan Terhidrasi dengan BaikLagi Hujan dan Takut Bosan Karena di Rumah Aja? Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Musim Hujan Agar Kamu Tidak Bosan di Rumah

3. Suhu Air Hujan

Penyebab udara dingin saat musim hujan yaitu suhu air hujan itu sendiri. Dikutip dari ThoughtCo, rata-rata tetesan hujan memiliki suhu antara 0 hingga 27 derajat celcius. Suhu tersebut, di pengaruhi oleh seberapa hangat atau dingin atmosfer pada lokasi awan hujan berada.

Suhu di atmosfer berinteraksi dengan tetesan air hujan, yang di mulai dari pembentukannya di awan sampai di bumi, akan mempengaruhi suhu tetesan air tersebut. Ketika tetesan air itu turun, udara yang berada di sekitar dapat terasa lebih dingin melalui penguapan dalam proses yang disebut ahli meteorologi sebagai pendinginan evaporatif. Jika hujan jatuh ke udara yang lebih kering, maka suhu akan turun.

4. Pergerakan Awan

Dengan ada banyaknya awan, maka akan mengakibatkan hambatan pada radiasi matahari menuju permukaan bumi. Maka, dapat berdampak pada suhu sehingga suhu akan terasa dingin.

0 Komentar