Bagi Pengguna Kendaraan Roda Dua, Perhatikan Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Motormu Tetap Berada dalam Performa yang Baik

Bagi Pengguna Kendaraan Roda Dua, Perhatikan Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Motormu Tetap Berada dalam Performa yang Baik
Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan (Wahana Honda)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi pengguna kendaraan roda dua, sebaiknya simak tips untuk merawat motor saat musim hujan. Sebab, perawatan motor merupakan hal yang penting karena untuk mencegah terjadinya kerusakan. Apalagi, dengan datangnya musim hujan, maka curah hujan akan lebih tinggi sehingga akan ada kemungkinan terjadinya banjir di jalanan. Sebab, air hujan mengandung zat asam tinggi yang dapat merusak suku cadang dan komponen pada motor. Untuk itu, motor perlu berhati-hati saat menerobos jalanan.

Tips Merawat Motor Ketika Hujan

Berikut ini, tips yang perlu kamu perhatikan agar motor tetap dalam performa yang oke meskipun saat musim hujan.

1. Rutin Mencuci Motor

Paling penting yang harus di lakukan yakni rutin mencuci motor, terutama setelah terkena air hujan. Pasalnya, air hujan memiliki kandungan asam yang dapat merusak cat pada motor. Namun jika tak sempat mencuci, maka dapat menyiram seluruh bodi motor agar karat tidak timbul.

Baca Juga:Panjatkan Doa Ini untuk Keselamatan, Inilah Doa yang Dapat Dipanjatkan di Musim Hujan Ketika Turun HujanJangan Menunggu Rusak! Simak Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

2. Bersihkan Busi Motor

Tips selanjutnya dalam merawat motor saat musim hujan yaitu membersihkan bagian busi. Busi merupakan komponen yang vital sehingga perlu di perhatikan dengan baik. Jika kamu kerap menerjang genangan air, maka aka nada kemungkinan jika busi kemasukan air.

Maka, jangan lupa untuk membersihkannya dan pastikan busi tetap kering agar menghindari motor mogok. Untuk membersihkannya yakni dengan cara mencabut bagian tutup busi atau penutup karet kemudian tiup atau bersihkan menggunakan kain.

3. Periksa Setiap Komponen Motor

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa setiap komponen pada motor. Seperti permukaan dan tekanan angin pada ban, kondisi rantai, belt, knalpot, rantai hingga oli. Dengan memeriksa setiap komponen tersebut, maka di harapkan semoga motor tetap bersih dan performanya tetap terjaga walaupun harus di gunakan dalam keadaan hujan sedang turun.

0 Komentar