Cobain Yuk Resep Angsle, Minuman Khas Malang yang Cocok untuk Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan

Cobain Yuk Resep Angsle, Minuman Khas Malang yang Cocok untuk Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan
Resep Angsle untuk Musim Hujan (img: cookpad.com/ mediaedukasi.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Angsle merupakan minuman dengan kuah kental dari santan yang memiliki rasa manis dengan berbagai isian. Isian angsle terdiri dari petulo atau putu mayang, kacang hijau, ketan putih, mutiara, potongan roti, kacang tanah, dan isian lain. Resep minuman angsle, akan cocok untuk menjadi hidangan yang di nikmati saat musim hujan.

Angsle berasal dari Jawa Timur, khususnya Malang. Penjual angsle tradisional dulu berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan. Itulah mengapa angsle menjadi salah satu minuman yang perlu di coba saat musim hujan.

Jika melihat angsle atau wedang angsle mungkin akan nampak mirip dengan sekoteng. Walaupun nampak mirip, namun sebenarnya berbeda. Perbedaan tersebut terlihat dari bagian kuah dan petulo. Kuah sekoteng biasanya terbuat dari jahe dan susu, sementara angsle dari beragam racikan rempah dengan menggunakan santan.

Baca Juga:7 Jenis Tanaman yang Dapat Tumbuh di Musim Hujan, Mulai dari Sayuran Hingga Tanaman HiasKenapa Saat Musim Hujan Suka Mendadak Bikin Galau? Ternyata Ini Penyebabnya

Resep Angsle

Saat musim hujan seperti ini, cocok jika mengonsumsi minuman hangat. Berikut ini, resep angsle yang bisa di nikmati saat musim hujan untuk menghangatkan badan.

Petulo :450 ml santan250 gram tepung beras (kukus)55 gram tepung kanji5 lembar daun pandan1,5 sdt garampewarna hijau dan pewarna merah muda (teteskan sesuai takaran yang diinginkan)

Kuah :1,5 L santan4 lembar daun pandan200 gram gula pasir1 sdt garam5 cm jahe (keprek)

Isi:100 gram beras ketan putih (kukus)Roti tawar (potong dadu 1 cm)100 gram kacang hijau (rebus)100 gram sagu mutiara (rebus)

Kacang Tanah Goreng

Cara Membuat :

1. Masukkan bahan untuk membuat petulo ke dalam panci dan masak hingga mengental. Kemudian bagi menjadi dua dan beri pewarna lalu uleni.

2. Masukkan adonan yang sudah di uleni ke dalam cetakan putu mayang dan tekan sambil arahkan memutar.

3. Beri alas untuk menaruh petulo dengan menggunakan kertas minyak dan kukus hingga matang.

Baca Juga:Siap Menggoyang Lidah, Resep Iga Bakar Ala Resto dengan Cita Rasa Nikmat yang Bikin Nagih!Mitos atau Fakta, Makanan yang Di Bakar Bisa Picu Kanker? Cek Kebenarannya

4. Buat kuah dengan bahan-bahan kuah yang telah di sebutkan. Jika sudah, masukkan seluruh bahan isi beserta petulo bersama kuah ke dalam mangkuk. Resep angsle untuk di nikmati saat musim hujan pun bisa di sajikan.

0 Komentar