Kenapa Saat Musim Hujan Suka Mendadak Bikin Galau? Ternyata Ini Penyebabnya

Kenapa Saat Musim Hujan Suka Mendadak Bikin Galau? Ternyata Ini Penyebabnya
Mengapa Saat Hujan Bikin Galau (Freepik/ brilio.net)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat musim hujan, biasanya akan membuat seseorang menjadi lebih banyak beraktivitas di rumah. Tentunya hal ini membuatmu akan merasa bosan karena aktivitas menjadi terbatas. Meski begitu, tak sedikit juga yang menganggap jika aktivitas di rumah akan terasa menyenangkan. Sebab, seseorang akan lebih bebas tidur, makan makanan hangat dan bisa melakukan banyak hal lainnya yang menyenangkan saat hujan. Namun, ada kondisi lain yang mungkin pernah kamu alami. Bagi beberapa orang, musim hujan malah bikin perasaan menjadi galau. Mengapa demikian?

Kenapa Hujan Bikin Galau?

Berdasarkan studi yang di lakukan Jaap Denissen pada tahun 2008 menunjukkan bahwa cuaca yang cepat berubah dapat memengaruhi suasana hati seseorang setiap harinya.

Pada penelitiannya tersebut, ia menemukan sinar matahari dan kelelahan memiliki hubungan yang signifikan. Jumlah paparan sinar matahari yang semakin sedikit diterima oleh tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami gejala seperti depresi.

Baca Juga:Siap Menggoyang Lidah, Resep Iga Bakar Ala Resto dengan Cita Rasa Nikmat yang Bikin Nagih!Mitos atau Fakta, Makanan yang Di Bakar Bisa Picu Kanker? Cek Kebenarannya

Lalu, menurut Kelly Rohan, selaku profesor psikologi dari University of Vermont mengatakan jika cuaca saat musim hujan dapat menimbulkan berbagai hal. Seperti rasa malas dan lelah sepanjang hari, bahkan konsumsi karbohidrat pun semakn banyak dan berdampak pada kenaikan berat badan.

Selain itu, intensitas jumlah sinar matahari saat musim hujan akan berkurang sehingga penyerapan pada tubuh menjadi rendah. Maka hal ini yang dapat menjadi penyebab mengapa saat musim hujan bikin galau, lantaran mempengaruhi kadar vitamin D pada tubuh sehingga dapat mengubah tingkat serotonin dalam otak.

Jika serotonin rendah, maka di sinyalir dapat menyebabkan gejala stress. Dengan demikian, vitamin D yang rendah, dapat mempengaruhi tingkat pengaruh negatif dan kelelahan pada seseorang.

Lalu ada juga studi lainnya yang mengatakan, jika cuaca gelap dan suram saat hujan dapat mempengaruhi mood dari seseorang. Pada studi Tecsia Evans, Ph.D, seorang psikolog klinis dari San Fransisco, terdapat temuan penelitian jika 9 persen orang cenderung merasa kesepian pada saat hujan.

Kemudian, menurut tim psikolog dari King’s College London dan University of Southampton di Inggris, hujan dapat membangkitkan ingatan emosional pada seseorang.

Hujan membangkitkan memori sehingga timbul peningkatan harga diri, pikiran positif, keterhubungan sosial, dan optimisme kalau hari-hari yang berat akan dapat dilalui. 

Walaupun musim hujan suka kaitkan bikin galau, namun berbagai hal yang telah di sampaikan di atas, bisa jadi bukan menjadi satu-satunya alasan. Sebab, ada banyak alasan yang dapat mempengaruhi mengapa seseorang menjadi galau.

0 Komentar