Jangan Sampai Malas Mencuci Motor Saat Musim Hujan, Ini Dampak yang Akan Didapatkan

Jangan Sampai Malas Mencuci Motor Saat Musim Hujan, Ini Dampak yang Akan Didapatkan
Dampak Malas Mencuci Motor (AUTOCAR INDIA)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menggunakan kendaraan saat sedang hujan memang beresiko. Pasalnya, jika tidak di rawat dengan benar, maka akan terjadi kerusakan pada kendaraan. Salah satu yang perlu di lakukan yaitu dengan rutin mencucinya. Namun, akan ada kalanya rasa malas muncul sehingga kendaraan pun tak di cuci. Jika hal tersebut kerap di lakukan, maka akan ada dampak buruk yang terjadi. Lalu, apa saja dampak yang akan di dapatkan jika malas mencuci motor saat musim hujan?

Dampak dari Malas Mencuci Motor

Melansir dari laman Suzuki, ada beberapa dampak yang akan di dapatkan jika motor tidak di cuci apalagi jika terkena air hujan. Simak beberapa dampak yang akan di dapatkan.

1. Mesin Overheat

Dampak pertama yakni mesin menjadi overheat. Hal itu disebabkan karena bekas air hujan yang mengendap dan menjadi kotoran hingga bersarang di radiator.

Baca Juga:Bagi Pengguna Kendaraan Roda Dua, Perhatikan Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Motormu Tetap Berada dalam Performa yang BaikPanjatkan Doa Ini untuk Keselamatan, Inilah Doa yang Dapat Dipanjatkan di Musim Hujan Ketika Turun Hujan

2. Menjadi Berkarat

Selanjutnya, rantai akan berkarat. Saat terkena air dan kotoran ketika melewati genangan air, maka rantai bisa menjadi karatan hingga mengeluarkan suara yang tidak nyaman. Selain rantai, ada juga bagian lainnya yang akan menimbulkan karat seperti velg, kick starter dan bagian lain yang berbahan logam.

3. Bodi Nampak Kusam

Dampak selanjutnya yang akan di terima dari malas mencuci motor saat musim hujan yaitu bodi motor menjadi kusam. Bukan hanya bodi yang menjadi kusam, bagian kaki motor pun juga akan menimbulkan kerak. Selain itu juga akan timbul bercak. Maka, penting untuk membersihkan kotoran yang menempel agar tidak terjadi hal demikian.

4. Suspensi Rusak

Bukan hanya mesin saja yang rusak, namun bagian suspensinya pun demikian. Jika suspensi di biarkan saja dari kotoran dan air hujan yang menempel, maka bagian tersebut dapat rusak. Sebab, kotoran yang menempel dapat mengakibatkan efek suara decit pada motor yang akan membuat fungsi motor menurun hingga terasa tidak empuk.

0 Komentar