Ketahui Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Terjadi di Rumahmu!

Ketahui Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Terjadi di Rumahmu!
Penyebab Banyak Nyamuk Saat Musim Hujan (bp-guide.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Demam berdarah dengue atau biasa di kenal dengan DBD, merupakan penyakit yang di akibatkan oleh nyamuk Aedes aegypty. Melansir dari laman upk.kemkes.go.id, penyakit tersebut identik dengan musim hujan. Penyebab ada banyak nyamuk saat musim hujan yakni karena adanya genangan air yang menjadi media perkembangbiakan nyamuk.

Namun bukan berarti terbatas hanya musim hujan saja, hal ini juga dapat terjadi saat musim kemarau. Agar dapat terhindar dari penyakit tersebut, maka setiap orang harus waspada untuk menghindari potensi penyebaran penyakit DBD.

Maka, ketahui apa saja penyebab lainnya dari banyaknya nyamuk yang muncul ketika musim hujan. Sebab, hal ini dapat menjadi langkah preventif untuk pencegahan DBD. Berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Banyak Nyamuk Saat Musim Hujan

1. Genangan Air

Baca Juga:Cobain Yuk Resep Angsle, Minuman Khas Malang yang Cocok untuk Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan7 Jenis Tanaman yang Dapat Tumbuh di Musim Hujan, Mulai dari Sayuran Hingga Tanaman Hias

Seperti yang telah disebutkan di atas, genangan air merupakan salah satu penyebabnya. Maka, pastikan agar tidak membiarkan genangan air di sekitar rumah untuk menghindari munculnya jentik-jentik nyamuk.

2. Tumpukan Barang dan Sampah

Jika di rumah terbiasa menumpuk barang dan sampah, maka hal ini bisa menjadi penyebab munculnya banyak nyamuk. Pasalnya, tumpukan barang akan mengakibatkan ruangan menjadi kurang pencahayaan sehingga membuat nyamuk akan lebih senang untuk menetap.

Begitupun dengan tumpukan sampah. Bau yang tak sedap hasil dari tumpukan sampah, rupanya dapat mengundang nyamuk sehingga nyamuk pun dapat berkembang biak.

3. Ada Lubang Terbuka

Jika di rumah ada lubang terbuka dan jumlahnya banyak, maka bisa menjadi ‘pintu’ bagi para nyamuk untuk masuk ke rumah. Untuk itu, lubang tersebut sebaiknya di tutupi dengan menggunakan kawat agar nyamuk tidak bisa masuk.

Lakukan 3M

Setelah mengetahui penyebab banyak nyamuk yang terjadi saat musim hujan, maka lakukan pula langkah preventif lainnya seperti yang di lansir dari laman upk.kemkes.go.id. Diantaranya:

1.Terapkan 3M plus, yaitu Menguras, Menutup, dan mendaur ulang. 

2. Menggunakan repellent atau obat oles anti nyamuk

3. Memasang kelambu  di kamar tidur dan kasa pada setiap lubang ventilasi dan jendela

4. Memperoleh vaksin dengue

5. Konsumsi rutin Vitamin C

0 Komentar