Jangan Cuma Ditumis Saja, Coba 5 Kreasi Olahan Kangkung Selain Tumis Agar Menu Masakan Lebih Beragam

Jangan Cuma Ditumis Saja, Coba 5 Kreasi Olahan Kangkung Selain Tumis Agar Menu Masakan Lebih Beragam
Olahan Kangkung Selain Tumis (Sumber Foto: Endeus.tv/ betv.disway.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dalam mengolah kangkung, biasanya akan identik dengan cara di tumis. Cukup di tumis tanpa menggunakan tambahan apapun atau bisa di tambahkan dengan berbagai tambahan lainnya. Seperti tauco, telur puyuh dan lain-lain. Namun selain di tumis, kangkung juga bisa di buat menjadi berbagai olahan yang lezat.

Menu ini akan cocok bagi yang sedang menjalani diet karena akan mengurangi penggunaan minyak. Bisa juga menjadi alternatif menu lain agar tidak bosan dengan menu tumisan saja. Olahan ini dapat di praktekan untuk menu makan keluarga karena cocok untuk di dampingi dengan berbagai lauk.

Bisa dengan menggunakan kerupuk, ikan goreng, tempe goreng, udang goreng dan lauk lainnya. Maka simak hingga akhir inspirasi olahan dari kangkung berikut ini, agar tidak bingung dan bosan dalam mengolah kangkung untuk menu makan di rumah.

Baca Juga:Cocok Jadi Menu Pendamping Nasi Hangat, Cobain Yuk Resep Tumis Kangkung TaucoCek Harga Emas Antam 30 November 2023, Harga Hari Ini Alami Penurunan

Macam-macam Olahan Kangkung Selain Tumis

Berikut, macam-macam olahan kangkung yang bisa di coba selain di oleh dengan cara menumis.

1. Urap

Urap atau urab (dalam bahasa Jawa), merupakan hidangan berupa berbagai sayuran termasuk kangkung, yang di rebus dengan tambahan kelapa parut. Kelapa parut di olah dengan berbagai bumbu agar dapat menciptakan cita rasa yang nikmat. Urap dapat di nikmati menjadi ‘teman’ makan nasi dengan berbagai hidang lengkap lainnya. Urap juga seringkali di temukan sebagai pelengkap dari tumpeng.

2. Plecing Kangkung

Makanan khas Bali dan Lombok ini di sajikan dengan cara merebus kangkung yang di beri tambahan sambal. Sambalnya di sajikan dengan segar menggunakan bahan seperti tomat, cabai rawit, garam, dan terasi. Terkadang di beri tambahan berupa perasan jeruk limau, kacang tanah goreng hingga tauge.

3. Mie Kangkung

Mie kangkung merupakan makanan peranakan yang terkenal memiliki kuah berwarna cokelat dengan rasa gurih dan manis. Kuah yang di gunakan yaitu menggunakan kuah kaldu sehingga cita rasanya terasa nikmat. Menu ini dapat menjadi santapan yang pas di kala cuaca sedang dingin.

4. Pecel Kangkung

Olahan kangkung selain tumis selanjutnya yaitu pecel yang di buat dengan cara di rebus. Selain kangkung, ada juga sayuran lainnya seperti kacang panjang dan tauge yang juga di rebus. Kemudian, di siram dengan menggunakan bumbu pecel. Bisa juga menambahkan bakwan sebagai pendampingnya.

5. Sayur Asem Kangkung

Jika selama ini biasanya sayur asem akan menggunakan daun melinjo, kali ini kangkung akan menjadi penggantinya. Kreasi sayur kuah bening yang segar ini termasuk sehat untuk tubuh karena tidak memerlukan minyak goreng.

0 Komentar