Kenali Apa Saja Bentuk Gejala dan Penyebab dari Kanker Paru

Kenali Apa Saja Bentuk Gejala dan Penyebab dari Kanker Paru
Gejala dan Penyebab Kanker Paru (salishcancercenter)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kanker merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan yang di sebabkan sel abnormal tumbuh secara tidak terkendali. Ada banyak jenis kanker, salah satunya yakni kanker paru. Kanker paru konon merupakan penyakit yang umum terjadi di Indonesia sehingga perlu di ketahui jenisnya, gejala hingga penyebabnya.

Jenis Kanker Paru

Penyakit ini memiliki dua jenis yakni kanker paru primer dan sekunder. Untuk tipe primer, tumbuh dan di mulai dari organ paru-paru. Sedangkan tipe sekunder, menyebar ke paru-paru dan area lain yang ada di tubuh.

Kemudian, tipe primer di bagi lagi menjadi dua berdasarkan dari jenis sel. Ada tipe non sel kecil yang konon merupakan jenis paling umum dan tipe sel kecil yang biasanya sangat rentan di alami oleh perokok berat maupun yang sering menghirup asap rokok/polutan.

Baca Juga:Salah Satu Wakil BWF World Tour Finals 2023, Jonatan Christie, Baru Saja Menikah dengan Shania Junianatha pada Hari IniLagi Berburu Hari Libur dan Cuti Bersama di Desember 2023? Coba Cek Daftar Tanggalnya Disini

Gejala Kanker Paru

Melansir dari laman Kemkes, ada banyak gejala yang akan muncul. Namun, pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun. Pada tahap tertentu, ada beberapa gejala yang timbul, diantaranya :

1. Sakit kepala

2. Berat tubuh menurun

3. Kehilangan selera makan

4. Suara menjadi serak

5. Perubahan pada bentuk jari, yaitu ujung jari menjadi cembung

6. Pembengkakan pada muka atau leher

7. Batuk berkelanjutan dan bertambah parah, hingga akhirnya mengalami batuk darah.

8. Mengalami sesak napas dan rasa nyeri di dada

Penyebab Kanker Paru

Ada dua faktor yang dapat menjadi penyebabnya yakni faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal, dikaitkan karena adanya hubungan genetik yang di turunkan dari kedua orang tua ke anaknya. Jika keluarga memiliki riwayat penyakit ini, maka risiko akan lebih tinggi.

Kemudian, untuk faktor eksternal, disebabkan karena merokok, paparan asap rokok, paparan sinar ultraviolet dan radiasi pengion (gelombang elektromagnetik), paparan senyawa arsenik, hingga infeksi bakteri atau virus tertentu.

Demikian, itulah tipe, gejala dan penyebab dari kanker paru.

0 Komentar