Maqui Berry Mengandung Antioksidan Antosianin yang Tinggi: 8 Manfaat Maqui Berry untuk Kesehatan, Digolongkan Superfood!

Maqui Berry Mengandung Antioksidan Antosianin yang Tinggi: 8 Manfaat Maqui Berry untuk Kesehatan, Digolongkan Superfood!
manfaat maqui berry untuk kesehatan: draxe.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- manfaat maqui berry untuk kesehatan. Maqui berry (Aristotelia chilensis) adalah jenis buah beri yang populer di Cile dan Argentina. Ini berasal dari Amerika Selatan. Mereka sering di sebut sebagai superfood layaknya acai berry karena rasanya dan profil nutrisinya yang mirip dengan blackberry.

Ini karena maqui berry sangat padat nutrisi dan kaya akan antioksidan. Untuk mengetahui apa saja manfaat manfaat maqui berry untuk kesehatan, mari simak informasi berikut ini!

1. Dapat melawan radikal bebas

Maqui berry memiliki banyak antioksidan, terutama antosianin, yang membantu radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari stres oksidatif, peradangan, dan kerusakan. Antioksidan dalam buah ini juga membantu mengurangi risiko diabetes, kanker, dan gangguan kardiovaskular.

Baca Juga:Ada yang Sama Dengan Kamu? Terkenal Idealis, 10 Idol Pria Ini Memiliki Zodiak SagitariusBikin Kulit Wajah Tidak Kusam Lagi, 5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Awet Muda!

Kandungan antiosianin maqui berry sangat tinggi, kemudian hasil uji ferric reducing activity power (FRAP) pada buah tersebut juga lebih tinggi di banding kebanyakan sayuran dan buah-buahan lainnya, di kutip Stylecraze. FRAP adalah suatu metode yang biasa di gunakan untuk menguji kadar antioksidan dalam buah atau sayuran.

Dalam suatu penelitian, ekstrak maqui berry juga telah terbukti dapat meningkatkan status oksidatif pada orang dewasa sehat, orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas, dan orang dewasa yang merokok.

2. Dapat membantu mengontrol gula darah

Sebuah penelitian yang di terbitkan dalam jurnal BioMed Research International tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak maqui berry dapat menurunkan glukosa darah puasa dan kadar insulin pada individu dengan pradiabetes dengan dosis tertentu.

Studi Panminerva Medica lainnya tahun 2016 menemukan bahwa tingkat hemoglobin glikosilasi rata-rata turun pada orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak maqui berry setiap hari selama tiga bulan. Ada juga penurunan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), sementara peningkatan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) terjadi.

3. Dapat menyehatkan jantung

Antioksidan antosianin, seperti yang terkandung dalam buah maqui berry, di ketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Studi yang di terbitkan dalam jurnal Circulation tahun 2013 terhadap 93.600 perempuan muda dan paruh baya menemukan bahwa konsumsi antosianin yang tinggi di hubungkan dengan penurunan risiko serangan jantung hingga 32% dibandingkan dengan konsumsi rendah.

Dalam studi lainnya yang lebih besar yang di terbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011, pola makan tinggi antosianin di temukan berhubungan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi sekitar 12 persen.

Baca Juga:Menjadi Lebih dari Sekedar Nyaman: 5 Zodiak yang Cenderung Kesulitan Keluar dari Zona NyamanBukan Karena Tidak Cukup Gaji: 5 Zodiak yang Selalu Kesulitan Menabung dan Mengelola Uang dengan Baik

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, tetap ekstrak maqui berry juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan LDL dalam darah.

4. Dapat mengurangi risiko kanker

Sebuah laporan berjudul “Antioxidant and anti-inflammatory effects of extracts from Maqui berry Aristotelia chilensis in human colon cancer cells” dalam Journal of Berry Research tahun 2018 melaporkan bahwa efek antioksidan dan antiinflamasi dari ekstrak maqui berry mungkin bisa mengurangi risiko atau mencegah kanker, terutama kanker usus besar.

Dalam penelitian tersebut, antosianin, flavonoid, dan asam organik yang terkandung dalam ekstrak maqui berry di temukan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar.

Meski begitu, penelitian lebih mendalam masih di perlukan untuk mengonfirmasinya, serta untuk mengetahui apakah efek ini juga bisa di dapat dari konsumsi buah dalam kondisi segar, bukan ekstrak.

5. Dapat menyehatkan mata

Dalam sebuah studi percontohan yang di terbitkan dalam jurnal Panminerva Medica pada tahun 2014, ekstrak maqui berry di berikan pada orang dewasa dengan kondisi mata kering sedang selama 60 hari dengan dosis 30 mg atau 60 mg setiap hari. Setelah 30 hari perawatan, skor kualitas hidup mata kering menurun drastis, dan volume air meningkat.

Selain itu, studi pada tikus telah menunjukkan sifat antioksidan dan antiinflamasi ekstrak maqui berry dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Antosianin dalam studi hewan ini juga dapat mencegah kematian sel fotoreseptor yang di sebabkan oleh cahaya tampak, menurut Stylecraze.

6. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa maqui berry dapat meningkatkan kualitas metabolisme karbohidrat dan glukosa. Hal ini sebagian besar di sebabkan oleh tingginya senyawa delphinidin yang terkandung dalam beri ini, di lansir Dr. Axe.

Tak hanya itu, mengutip Stylecrazemaqui berry juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Beri ini juga kaya akan serat makanan yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan sekaligus membantu mencegah masalah pencernaan.

7. Dapat meringankan peradangan

Maqui berry mengandung senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, menurut penelitian yang di terbitkan dalam Nutrition Journal tahun 2015 dalam beberapa studi tabung reaksi. Selain itu, studi ini menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi dua gram ekstrak maqui berry setiap hari mengalami penurunan yang signifikan dalam peradangan paru-paru.

Selain itu, studi tabung reaksi lainnya yang di terbitkan dalam jurnal Minerva Cardiology and Angiology tahun 2015 menunjukkan bahwa suplemen maqui berry terkonsentrasi Delphinol memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada pembuluh darah, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

8. Dapat bermanfaat mengurangi gejala berbagai penyakit

Masih berkaitan dengan manfaat maqui berry yang dapat meredakan peradangan, maqui berry juga dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan artritis reumatoid dan nyeri sendi.

Di lansir Dr. Axemaqui berry juga dapat di gunakan untuk mengurangi pembengkakan, di sentri, sakit tenggorokan dan sejumlah kondisi peradangan lainnya yang berhubungan dengan fungsi kekebalan tubuh yang buruk.

Tidak cuma buahnya, daun dari tanaman ini juga telah lama di gunakan untuk membuat pembalut yang dapat yang dapat membantu penyembuhan luka.

Di Indonesia, buah maqui berry segar mungkin sulit di temukan karena tidak banyak yang menjualnya. Akan tetapi, olahannya bisa lebih mudah di temukan dalam bentuk bubuk atau ekstrak. Namun, penelitian lebih lanjut di butuhkan untuk memastikan keamanan buah ini bila di konsumsi dalam bentuk suplemen atau dalam dosis besar.

Itulah fakta seputar manfaat maqui berry untuk kesehatan. Bila kamu ingin mengonsumsinya, misalnya dalam bentuk ekstrak, dengan tujuan untuk membantu pengobatan kondisi tertentu, konsultasikan dulu ke dokter, ya.

0 Komentar