Bikin Pakaian Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak: Simak 5 Tips Mencegah Pakaian Menyusut Ketika Dicuci, Praktikkan!

Bikin Pakaian Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak: Simak 5 Tips Mencegah Pakaian Menyusut Ketika Dicuci, Praktikkan!
tips mencegah pakaian menyusut: idntimes.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kesalahan saat mencuci pakaian dapat menyebabkan perubahan warna hingga bentuk, seperti penurunan, yang sayangnya dapat berdampak pada penampilan, kenyamanan, dan keawetan pakaian.

Perlu untuk mengetahui upaya mempertahankan keawetan pakaian, terlebih lagi dari penyusutan. Untuk mempertahankan keawetan pakaian, ikuti tips mencegah pakaian menyusut ketika di cuci melalui artikel di bawah ini.

1. Selalu memeriksa label perawatan pada pakaian

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyusutan pakaian adalah dengan selalu memeriksa petunjuk pada label perawatan. Label ini biasanya terletak di dalam pakaian dan memberikan panduan mengenai cara mencuci, mengeringkan, dan menyetrika pakaian agar tetap dalam keadaan baik.

Baca Juga:Pantai Bisa Menjadi Lokasi Traveling yang Menyenangkan: Inilah 5 Tips Seru Traveling ke Pantai, Siapkan Sunscreen!Kamu Seringkali Menerima Kesempatan yang Luar Biasa: Kenalin 5 Zodiak yang Selalu Mendapat Keberuntungan

Pada label pakaian, terdapat simbol maupun petunjuk tertulis yang dapat sangat rinci. Jika di ikuti dengan teliti, hal ini dapat mencegah penyusutan atau kerusakan pada pakaian. Mencuci pakaian sesuai dengan panduan pada label, mulai dari menyortir hingga penggunaan deterjen cucian yang sesuai agar pakaian bisa bertahan lebih lama.

2. Gunakan suhu air yang lebih dingin saat mencuci

Lewenhaupt menjelaskan, lebih baik mencuci pakaian dengan air dingin daripada menggunakan suhu yang sangat tinggi untuk menjaga keawetan pakaian. Penggunaan air bersuhu tinggi sering kali dapat menyebabkan kerusakan, seperti robek. Jika khawatir pakaian tidak cukup bersih, ketahuilah bahwa deterjen cucian modern mengandung enzim dan surfaktan yang efektif bahkan pada suhu air yang lebih rendah.

Kecuali, ketika mencuci pakaian untuk alasan kebersihan seperti mencuci pakaian dalam dan sprei. Lewenhaupt menyarankan untuk mencucinya pada suhu yang lebih tinggi, mendekati 140 derajat Fahrenheit (60°C).

3. Cuci jika hanya di perlukan

Banyak pakaian tidak perlu di cuci setiap kali di pakai, kecuali jika terkena kotoran. Misalnya pakaian jeans, sweater, setelan atau blazer, dan beberapa gaun atau item formal yang biasanya hanya di pakai dalam waktu singkat.

4. Mengeringkan pakaian secara alami

Di lansir The Spruce, Mary Marlowe Leverette, ahli tata graha dan perawatan kain, menyatakan, mengeringkan pakaian secara alami adalah metode yang paling lembut dan membantu mencegah penyusutan. Terutama untuk pakaian dengan tenunan longgar atau rajutan yang lebih longgar, serta pakaian yang terbuat dari serat lembut.

Jika tidak memungkinkan untuk mengeringkan pakaian secara alami, pilih pengaturan suhu rendah pada mesin pengering karena suhu panas berlebih pada mesin pengering dapat merusak kain. Lalu, keluarkan pakaian saat masih sedikit lembap. Biarkan cucian selesai mengering secara alami.

5. Membersihkan noda pada area yang kotor terlebih dahulu

Jika terdapat noda pada pakaian, sebaiknya fokus pada penanganan area kecil terlebih dahulu sebelum mencuci keseluruhan pakaian. Hal ini tidak hanya membantu menghilangkan noda sulit, tetapi juga mempengaruhi efisiensi keseluruhan proses pembersihan.

Baca Juga:Bisa Menghemat Pengeluaran Juga: 5 Alasan Orang Lebih Suka Pakai Sabun Cair ketimbang Sabun BatangAda yang Bisa Menghilangkan Jerawat Punggung, lho: Rekomendasi Produk Sabun Cair dari Brand Lokal, Aromanya Menenangkan!

Membersihkan noda secara khusus sebelum mencuci dapat mengurangi beban kerja mesin pencuci. Pendekatan ini merupakan strategi cerdas untuk merawat pakaian, menjamin kebersihan, dan keawetan mereka dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Itulah beberapa tips mencegah pakaian menyusut dalam upaya untuk menjaga pakaian tetap tahan lama dan sesuai dengan ukuran aslinya, penerapan tips mencegah penyusutan menjadi hal yang penting. Memahami jenis kain yang rentan terhadap penyusutan hingga mengikuti petunjuk perawatan pada label pakaian, dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap risiko penyusutan pada pakaian.

0 Komentar