Baldur’s Gate 3 Menang Meraih Penghargaan Menjadi Game Terbaik di Tahun 2023, Ini Alasannya!

Baldur's Gate 3/PlayStation
Baldur's Gate 3/PlayStation
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Salah satu permainan RPG atau Role Playing Game “Baldur’s Gate 3” berhasil meraih nominasi Game of the Year di The Game Awards 2023, mengalahkan game-game populer seperti Alan Wake 2, Marvel’s Spider Man 2, Resident Evil 4 Remake, Super Mario Bros. Wonder, dan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom.

Saya senang, kata Adaoun, pendiri Larian Studios, perusahaan yang mengembangkan game tersebut.

“Saya tidak mengira akan memenangkan penghargaan ini. Terima kasih,” ujarnya.

Swen Vincke, pemilik Larian Studios, mengatakan bahwa pembuatan game tersebut memerlukan tim yang kuat.

Baca Juga:Profil Prilly Latuconsina, Perjalanan Seorang Multi-Talenta dalam Industri Hiburan IndonesiaProfil Reza Rahadian: Perjalanan Panjang Menuju Puncak Kepemimpinan Aktor Indonesia

Ia menyampaikan penghargaannya kepada tim tersebut. Ia juga memberikan penghargaan tersebut kepada timnya yang mengembangkan game tersebut selama pandemi COVID-19.

“Sepanjang pengembangan. Kami kehilangan sejumlah karyawan akibat COVID-19. Jadi kami ingin mendedikasikan penghargaan Game of the Year kepada karyawan kami terutama Jim Southworth yang merupakan pemimpin animasi sinematik Baldur’s gate 3,” pungkasnya.

Kenapa Baldur’s Gate 3 layak menjadi Game of the Year 2023? Kenapa game RPG AAA seperti Alan Wake 2, Legend of Zelda: Tears of the Kingdom, dan Marvel’s Spider-Man tidak menjadi favorit?

Sebagai pemain dan pencinta RPG tingkat tinggi, baca alasan Baldur’s Gate 3 layak sebagai Game of the Year 2023.

Alasan Baldur’s Get 3 Meraih Penghargaan Game of the Year 2023

1. Narasi brilian

Kita berhenti sejenak untuk berpikir tentang game RPG legendaris seperti The Witcher, Dragon Age, Divinity, dan bahkan ELDEN RING. Semua orang tahu bahwa mereka adalah game RPG berkualitas tinggi dengan cerita epik dan adiktif. Namun, dalam hal Baldur’s Gate 3, tampaknya ia berada pada level yang agak berbeda dan bahkan lebih kompleks. Ya, narasi game yang di rilis pada 3 Agustus 2023 ini benar-benar menarik. Sekumpulan hewan dan makhluk halus memiliki cerita yang sangat menarik tanpa harus menjalani kehidupan karakter utama dan NPC.

Apakah ini di temukan di RPG lain? Penulis percaya bahwa hanya Baldur’s Gate 3 yang berani memasukkan hal-hal yang tidak masuk akal seperti ini. Percayakah Anda? Game ini memungkinkan Anda bermain dengan hewan seperti tikus, burung merpati, dan kucing. Beruntung, Larian Studios memiliki orang-orang hebat seperti Swen Vincke, Adam Smith, dan Joachim Vleminckx di belakang layar. Jika di bandingkan dengan game RPG lainnya, kisah Baldur’s Gate 3 lebih kompleks, rumit, dan mendalam. Ini tidak berarti bahwa RPG lain buruk. Menurut penulis, mereka juga sangat bagus. Namun, sebagai penggemar RPG sejak 1990-an, penulis percaya Baldur’s Gate 3 berada pada tingkat yang berbeda.

2. Penantian Lebih dari 2 Dekade

Penulis pernah bermain Baldur’s Gate 2: Shadows of Amn pada tahun 2000, atau 23 tahun sebelumnya. Game ini juga di rilis ulang sebagai Baldur’s Gate II: Enhanced Edition pada 2013. Game 2000 masih di miliki BioWare, tetapi versi 2013 telah di perbaiki oleh pengembang Beamdog. Itu pasti memiliki banyak perubahan, termasuk grafik, penambahan karakter, jumlah DLC, dan resolusi gambar yang ditingkatkan. Salah satu hal yang unik adalah bahwa Baldur’s Gate 2: Shadows of Amn dan Baldur’s Gate 3 berbeda selama tiga puluh tiga tahun.

Baca Juga:Reza Rahadian Jadi Sosok Pria Idaman Prilly Latuconsina, Isi Chat WA di Bongkar Sang ArtisYayu Unru Meninggal Dunia, Reza Rahadian Kenang : Dia Sosok yang Menginspirasi

Gamer tidak akan dapat mengingat detail cerita sebelumnya. Namun, Larian Studios tampak berhasil mengembangkan game ini menjadi lebih baik, dan kita tidak di haruskan untuk memainkan judul-judul sebelumnya. Bagi pemain baru, Baldur’s Gate 3 mungkin tidak memiliki hubungan dengan kenangan masa lalu mereka. Namun, bagi pencinta RPG veteran yang saat ini berusia empat puluh tahun ke atas, Baldur’s Gate 3 dianggap sebagai hasil akhir dari penantian yang panjang. Jadi, Larian Studios ternyata memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali kenangan pencinta RPG di seluruh dunia, selain memiliki cerita yang menarik.

3. Musik dan audio kelas atas

Pada dasarnya, RPG di nilai berdasarkan kualitas audio dan narasi. Ya, game ini memiliki banyak suara percakapan, musik, dan fitur audio yang luar biasa. Sejak awal memainkannya, penulis selalu di suguhkan dengan suara percakapan yang natural, indah, sesuai, dan tidak berlebihan.

Mungkin kita sering melihat karya RPG dengan cerita yang bagus, tetapi suara atau percakapan tetap terdengar buruk. Dalam Baldur’s Gate 3, pengembang telah sangat mengurangi hal ini. Bahkan, karena dia juga berhasil memberikan sentuhan magis dalam serial Divinity, Borislav Slavov kembali dipercaya sebagai komposer untuk game ini.

4. Tradisi pertarungan yang kompleks

Gaya pertarungan yang kompleks dan penuh strategi adalah ciri khas seri Baldur’s Gate. Ini selalu terkait dengan ide RPG Dungeons & Dragons. Tradisi ini menunjukkan bahwa Baldur’s Gate 3 juga menggunakan gaya pertarungan beralih alias. Namun, ini bukan hanya berbasis putar. Faktanya, banyak perintah dan level telah di masukkan oleh developer, yang membuat kita harus melakukan setiap pertarungan dengan berbagai strategi. Apakah Anda pikir metode ini membosankan? Itu tidak benar.

Sebenarnya, tradisi pertarungan jenis ini, yang seringkali sangat sulit, membuat penulis semakin tertarik. Ada saat-saat ketika kita merasa frustrasi dengan berbagai aspek dan tingkat kemampuan musuh yang tampaknya lebih kuat daripada kelompok kita. Komponen pertarungan inilah yang membuat Baldur’s Gate 3 menjadi lebih menyenangkan untuk dimainkan secara multiplayer. Meskipun Anda sudah cukup malas untuk bermain RPG, kompleksitasnya yang luar biasa dan mempesona akan tetap membuat Anda tertarik.

5. Versi PC dan konsol yang sama bagusnya

Baldur’s Gate 3 tersedia untuk konsol terbaru, PS5 dan Xbox Series X/S, selain Microsoft Windows (PC). Keseriusan Larian Studios dalam mengembangkan setiap versi membuat banyak pemain berdecak kagum. Konsol dapat menerjemahkan perintah dengan tepat seperti di PC dengan tetikus. Selain itu, jangan lupa bahwa pengembang memiliki kemampuan untuk mengurangi jumlah kesalahan atau kesalahan dalam setiap versi yang mereka rilis untuk di jual.

Mungkin benar bahwa game ini membutuhkan spesifikasi teknis yang cukup tinggi, terutama untuk PC, tetapi Anda akan menemukan bahwa spesifikasi tersebut sangat masuk akal karena grafiknya sangat berdetail, setidaknya untuk jenis RPG Dungeons & Dragons. Jadi, Baldur’s Gate 3 pasti memiliki banyak keuntungan di bandingkan game digital lainnya. Game sebesar 160 GB ini bahkan mampu mengalahkan game AAA lain yang kualitasnya buruk. Apa pendapat Anda? Apa lagi yang membuat game yang di produseri David Walgrave ini layak mendapatkan penghargaan Game of the Year tertinggi pada tahun 2023?

0 Komentar