Bisa Mendeteksi Mangsa dan Predikisi Bencana: 5 Hewan dengan Indra Keenam, Bisa Prediksi Masa Depan  

Bisa Mendeteksi Mangsa dan Predikisi Bencana: 5 Hewan dengan Indra Keenam, Bisa Prediksi Masa Depan  
hewan yang memiliki indra keenam: idntimes.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Hewan yang memiliki indra keenam. Orang memiliki lima indra pendengaran, penciuman, peraba, perasa, dan penglihatan. Namun, ada juga orang yang memiliki indra keenam, yang kadang-kadang orang tidak percaya. Namun, di dunia hewan, indra keenam memang ada.

Beberapa spesies hewan di bekali dengan indra keenam. Hal itu membuat beberapa hewan bisa merasakan, memprediksi, dan bereaksi tanpa perlu menerima informasi dari kelima indra mereka. Apa saja hewan yang memiliki indra keenam?

1. Kelelawar, memiliki indra keenam, ketujuh, dan kedelapan

Kelelawar tidak hanya memiliki indra keenam, tapi juga ketujuh dan kedelapan. Sebab, ia di bekali dengan kemampuan ekolokasi, geomagnetik, dan polarisasi.

Baca Juga:Seberapa Agresif Kucing Pallas? Yuk Mari Kita Cari Tahu Fakta Kucing Pallas, Pernah Dianggap Leluhur Kucing PersiaPenampilan Boleh Sangar, Tapi Hati Penuh Cinta: Inilah Fakta Menarik Kucing Maine Coon, Si Gentle Giant yang Memesona

Di lansir Arizona State University, kelelawar di bekali dengan kemampuan ekolokasi, kemampuan mendeteksi objek dari gelombang suara dan gema. Lewat gelombang suara dan gema, kelelawar dapat mengetahui keberadaan, ukuran, hingga bentuk objeknya. Kemampuan ini juga yang ia gunakan untuk berburu di gelapnya malam.

Kelelawar juga di bekali kemampuan geomagnetik, membuatnya dapat melakukan navigasi jarak jauh. Ia juga di bekali dengan penglihatan polarisasi atau dapat merasakan pola matahari. Kedua kemampuan itu membuat kelelawar dapat menempuh perjalanan jauh tanpa tersasar.

2. Semut, dapat memprediksi gempa

Mungkin kamu tak pernah menyangka jika hewan mungil yang sering muncul di rumahmu ini memiliki indra keenam. Bahkan, tak tanggung-tanggung, kemampuan indra keenam semut adalah ia dapat mendeteksi gempa sebelum gempa terjadi.

Di lansir Live Science, semut dapat merasakan datangnya gempa berkekuatan lebih dari 2 SR. Hal tersebut di ketahui setelah Gabriele Berberich dari Universitas Duisburg-Essen, mengamati perilaku semut selama 3 tahun.

Ia melihat bahwa sebelum gempa terjadi, semut akan berperilaku berbeda. Mereka akan keluar dari sarangnya dan menghentikan aktivitas rutinnya. Aktivitas mereka akan kembali normal satu hari setelah gempa terjadi.

3. Laba-laba, dapat memprediksi pergerakan dan jenis mangsa di jaringnya

Jika kamu pernah menonton Spiderman, ia memiliki indra keenam atau spidey sense yang membuatnya bisa merasakan bahaya. Menariknya, di dunia nyata, laba-laba juga memiliki indra keenam loh!

Sebuah penelitian yang di publikasikan di jurnal Current Opinion in Neurobiology pada 2004, menunjukkan bahwa laba-laba di bekali dengan sistem mekanoreseptor. Setiap laba-laba di bekali dengan slit sensilla, reseptor yang membuatnya bisa merasakan gerakan dan membedakan antara gerakan serangga, angin, atau hewan besar yang terperangkap dalam jaringnya.

Baca Juga:Ada Balapan Ferret yang Sangat Populer di Inggris, Yuk Cari Fakta Menarik Ferret, si Ceroboh yang Suka Menabrak Tembok!Spesifikasi Tingkat Dewa Kira-Kira Berapanya, Harganya? HP Android Paling Powerful Menurut AnTuTu Benchmark September 2022

4. Hiu, dapat merasakan medan listrik di sekitarnya

salah satu predator paling ganas di lautan. Di lansir Phys, hiu memiliki organ seperti tabung jeli, di sebut ampullae of lorenzini, yang sangat sensitif dan dapat mendeteksi medan listrik.

Saking sensitifnya, beberapa spesies hiu dapat mendeteksi muatan listrik dari satu baterai yang berjarak 16.000 km! Bahkan, hiu putih besar dapat bereaksi terhadap muatan sepersejuta volt di dalam air! Berkat kemampuan ini, hiu dapat mendeteksi mangsanya dari muatan listrik yang di hasilkan saat ikan bergerak.

5. Burung dara, memiliki mengidentifikasi posisi geografis

Mungkin kamu pernah mendengar, jika zaman dulu, orang berkirim surat menggunakan burung dara. Pertanyaannya, bagaimana bisa burung dara mengantarkan pesan dengan tepat dan tanpa tersasar?

Di lansir Nature, burung dara di bekali dengan magnetoreseptor. Hal tersebut membuatnya dapat mendeteksi medan magnet Bumi dan menggunakannya sebagai kompas untuk navigasi dan mengidentifikasi posisi geografisnya. Burung dara adalah salah satu yang terbaik dalam hal navigasi di banding jenis burung lainnya.

Walau di bekali indra keenam, pada dasarnya mereka memiliki kekurangan di salah satu atau beberapa indra utama mereka. Maka dari itu, indra keenam hadir dan membantu mereka untuk beradaptasi dan bertahan hidup.

0 Komentar