Kue Ambon Berbahan Dasar Beras

0 Komentar

Siapa yang tidak kenal dengan bika ambon. Cemilan atau kue tersebut merupakan makanan khas dari kota medan yang berwarna kuning dan memiliki rasa manis. Berbeda dengan makanan khas Medan, di Indramayu, memiliki kue yang hampir mirip dengan bika ambon namun namanya kue ambon, berikut liputannya.

Serupa tapi tak sama dengan bika ambon, ternyata di Indramayu terdapat makanan khas yang bernama kue ambon. Meski memiliki nama dan warna yang sama, kue ambon ini memiliki bentuk yang berbeda.

Kue ambon di Indramayu dicetak didalam loyang berbentuk bulat. Salah satu lokasi pabrik kue ambon, terdapat di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu. Pengrajin kue ambon tersebut sudah berdiri sejak tahun 1960-an.

Baca Juga:Bupati Beri Restu Mundu Masuk Kota CirebonWahana Kolam Tropikana Waterpark Sambut Musim Libur Nataru

Bahkan usaha kue ambon itu turun temurun dari zaman nenek moyang. Pembuat kue ambon, Kusniawati mengatakan, awal mulanya ada kue ambon itu dari daerah dermayu ini sekitar tahun 60-an. Yang membuat kue ambon berbeda dengan bika ambon, terdapat dari bahan bakunya yakni menggunakan beras, sedangkan bika ambon menggunakan tepung.

Sementara, pembuatan kue ambon masih menggunakan alat tradisional, yakni dengan menggunakan kayu bakar. Dalam satu hari, dapat memproduksi 700 hingga 1.000 kue ambon, dengan harga 1700 perkuenya, dan didistribusikan ke daerah Indramayu

0 Komentar