Yuk Cari Tahu Cara Merubah Speaker Aktif ke Aki Mobil dengan Mudah

Yuk Cari Tahu Cara Merubah Speaker Aktif ke Aki Mobil dengan Mudah
cara merubah speaker aktif ke aki mobil: sanghamba.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Pengemudi yang senang memodifikasi mungkin tidak asing dengan cara menghubungkan speaker aktif ke aki mobil. Untuk meningkatkan kinerjanya, arus AC di ubah menjadi arus DC. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukan hal ini. Meskipun tidak terlalu sulit, mengerjakannya membutuhkan banyak ketelitian.

Pengemudi dapat mengubah speaker aktif menjadi aki mobil, yang berarti mereka dapat menggunakan speaker langsung ketika mobil menyala. Ini mungkin belum terjadi di masa lalu, tetapi seiring bertambahnya kreatifitas masyarakat, modifikasi mobil semakin beragam daripada sebelumnya.

Lantas bagaimana cara merubah speaker aktif ke aki mobil? Simak penjelasan berikut ini:

Peralatan yang Perlu di Siapkan

Baca Juga:Tempat Wisata yang Cocok untuk Bersantai dengan Keluarga: Wisata Glamping Umbul Sidomukti Semarang, Informasi Lokasi dan TipsAda Samsung dan Juga Xiaomi Loh, Rekomendasi Smart TV Terbaik 2023, Nonton Jadi Makin Nyaman dan Seru

Mengumpulkan peralatan adalah langkah pertama sebelum masuk ke pembahasan tentang cara merubah speaker aktif ke aki mobil. Sediakan peralatan yang di perlukan untuk membongkar dan merakit speakernya. Barang-barang berikut harus di siapkan:

  • Set speaker yang fungsinya masih berjalan normal. Perlengkapan ini dapat memakai speaker rumahan ataupun dari komputer yang tidak terpakai namun masih normal. Bahan utama ini wajib ada, karena inilah yang akan di ubah ke aki mobil.
  • Power inverter dari DC menuju AC. Ini merupakan alat yang fungsinya mengubah arus dari aki mobil (DC) menjadi arus speaker aktif (AC).
  • Kabel serta selotip untuk kabel. Fungsi kabelnya yaitu alat penyambung yang menghubungkan komponen-komponen pada PCB. Sementara itu selotip berfungsi melindungi kabelnya.
  • Obeng, cutter, dan gunting. Alat-alat ini sangat di butuhkan untuk membongkar, memotong, serta memasang.
  • Solder dan timah. Perlengkapan yang di butuhkan untuk merekatkan ke PCB dan melelehkan timah.
  • Barang yang berbentuk seperti speaker dengan ukuran kecil, fungsinya adalah mengeluarkan suara treble.

Pastikan semua perangkat telah lengkap dan di letakkan tidak jauh dari area perakitan. Sehingga proses modifikasinya lebih efektif tanpa perlu kesana kemari mengambil peralatan.

Cara Merubah Speaker Aktif ke Aki Mobil

Sebelumnya telah di jelaskan barang-barang apa saja yang di butuhkan untuk melakukan modifikasi speaker menjadi aki mobil. Setelah memastikan semua barangnya siap, barulah bisa melakukan prosedur untuk mengubahnya.

Lakukan perakitan dengan perlahan dan hati-hati. Sebab jika gegabah, justru bisa menimbulkan kerusakan di speakernya. Berikut adalah langkah-langkah pembongkaran serta perakitannya:

  • Lakukan pembongkaran pada speaker aktif. Buka speakernya terlebih dahulu, kemudian perhatikan keseluruhan rangkaian PCB-nya. Apabila ada trafo 220V dengan arus AC, lepaskan terlebih dahulu.
  • Ganti power inverter tipe DC menuju AC. Berikutnya, ganti trafo dengan power inverter memakai jalur paralel yang sama seperti jalur Elco Power.
  • Pakai IC regulator. Apabila di speaker aktif terdapat rangkaian tambahan (misalnya loudness) bertegangan 9, 12, atau 24V, di sarankan memakai IC regulator.
  • Cara merubah speaker aktif ke aki mobil berikutnya adalah menyambungkan power inverter menuju aki mobil. Power inverter di sambungkan ke accu mobil. Kabel yang negatif di sambungkan ke masa/ground, sementara itu kabel positifnya di sambungkan ke setrum accu mobil.
  • Bisa juga di tambahkan saklar on/off agar tidak harus mondar mandir ketika mengoperasikannya.
  • Pasangkan tweeter/speaker kecil untuk tambahannya. Tweeter bisa di sambungkan ke rangkaian speaker aktif. Bisa juga memakai jack RCA yang tersambung ke port output di belakang speaker aktifnya.
  • Pindahkan sensornya. Ini merupakan langkah terakhir, yakni memindahkan sensor remote di speaker aktif menuju bagian depan mobil. Jadi ketika mobil di hidupkan, tidak perlu lagi melihat bagian belakangnya.

Demikian informasi tentang cara merubah speaker aktif ke aki mobil serta peralatan yang wajib di siapkan. Dengan peralatan yang memadai, tentu proses perakitan akan terbantu. Di iringi dengan informasi serta keterampilan yang terus di asah sehingga dapat memberikan hasil modifikasi terbaik di aki mobil.

0 Komentar