Penantaan Ruang yang Tepat Akan Memberikan Kenyamanan: Tips Penting saat Menata Ruangan agar Terlihat Estetik

Penantaan Ruang yang Tepat Akan Memberikan Kenyamanan: Tips Penting saat Menata Ruangan agar Terlihat Estetik
menata ruangan: idntimes.com_ ilustrasi interior hunian bernuansa ceria (unsplash.com/Spacejoy)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kebanyakan orang masih bingung dan tidak tahu dari mana harus memulai menata ruang mereka sendiri. Mungkin dinding yang harus dicat ulang atau furnitur yang ada harus di ganti karena sudah ketinggalan zaman.

Pemilik rumah kadang-kadang merasa suasana ruang yang mereka buat tidak sesuai dengan harapan. Ini menyebabkan besitan. Anda tidak perlu khawatir; dengan perencanaan yang matang, peristiwa itu tidak akan terulang lagi.

Supaya tidak salah langkah lagi, berikut ini empat hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menata ruangan agar terlihat estetik. Bikin betah menghabiskan waktu seharian di sana, lho!

Baca Juga:Nonton Bareng Keluarga Lebih Seru: Rekomendasi Film 2023 untuk di Tonton di Hari Ibu, HaruSiapkan Dana Dari Sekarang: Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia yang Kian Dilirik

1. Cari tahu fungsi ruang

Untuk menentukan fungsi ruang, kamu perlu menganalisis dari aktivitas yang paling banyak dil akukan di ruangan tersebut. Seperti halnya ruang keluarga di fungsikan sebagai tempat bersantai dan berkumpul anggota keluarga.

Namun, adakalanya sebuah ruangan malah di pergunakan untuk beragam fungsi. Hal ini kerap terjadi akibat keterbatasan lahan yang ada. Fungsi ruang yang tidak jelas seperti ini tentu akan mempersulit dalam penataan ruang.

Supaya proses penataan ruang dapat di lakukan dengan maksimal, maka putuskan fungsi utama ruang terlebih dahulu sebelum mulai menatanya. Kamu bakal lebih mudah menatanya nanti!

2. Bangun suasana ruangan

Keindahan sebuah rumah tidak hanya terlihat pada tampilan luarnya saja. Faktanya, keindanhan sesungguhnya justru terletak pada penataan ruang di dalamnya. Hal ini dapat di rasakan saat ruang-ruang yang ada di dalamnya dapat memberikan rasa nyaman kepada penghuni rumah.

Di sinilah kamu perlu mengetahui suasana ruangan yang ingin kamu ciptakan. Contohnya, bila ingin menciptakan suasana hangat di dalam rumah, tentu pilihan furnitur serbakayu patut di pertimbangkan.

Saat kamu telah mengetahui suasana ruangan yang sesuai, maka mengisi furniturnya pun akan terasa lebih mudah. Langkah ini dapat menjadikan ruangan lebih berjiwa dan kamu tentu akan merasakan kenyamanan selama berada di rumah

3. Kenali elemen desain

Elemen desain yang di maksud terdiri dari elemen pembentuk ruang dan elemen estetika. Elemen pembentuk ruang antara lain adalah dinding, lantai, langit-langit, dan kelengkapan ruang berupa furnitur. Sementara itu, elemen estetika antara lain aksesori, warna, pencahayaan, dan kelengkapan interior dengan nilai keindahan pada ruangan.

Baca Juga:Masih Bisa Diadu dengan Mobil-Mobil Kekinian: Pilihan Mobil SUV di Bawah 100 JutaKamu Sedang Mencari Perumahan Sumedang dengan Lokasi Strategis dan Dekat Kampus Ternama: Inilah 5 Rekomendasi Perumahan di Sumedang

Sebelum mulai menata ruang, semestinya kamu dapat mengenali elemen-elemen desain di dalam ruang agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Kamu pun dapat mengolah dan menempatkannya dengan baik untuk memperindah ruangan.

4. Padukan fungsi dan estetika

Tata ruangan yang estetik dapat dip eroleh dari sentuhan artistik. Namun, unsur estetika saja tidaklah cukup untuk mendefinisikan sebuah keindahan ruangan. Keindahan yang sesungguhnya dapat tercipta dengan memadukan unsur fungsi dan etetika ruangan.

Dengan memadukan keduanya, maka sebuah ruang yang ideal dapat di peroleh. Ruangan akan lebih berjiwa sehingga suasana ruangan jadi lebih menyenangkan. Aktivitas di dalamnya dapat di lakukan dengan optimal sekaligus memberikan kepuasan visual karena tampilannya yang menarik.

Menata ruangan bukan sekadar meletakkan furnitur yang di butuhkan sesuai fungsinya saja. Bila tidak ada upaya menjadikannya indah, maka ruang tersebut akan terasa hampa. Untuk menghindari itu, kamu perlu memperhatikan empat hal penting di atas yang dapat membantumu dalam menata interior ruangan.

0 Komentar