Usung Konsep Pentahelix Di Cirebon Agro Expo 2023

0 Komentar

Sektor pertanian masih menjadi primadona di Kabupaten Cirebon. Berbagai inovasi dilakukan demi mewujudkan kemajuan di sektor ini, salah satunya realisasi produk unggul berbasis lokal, melalui penerapan konsep pentahelix.

Kolaborasi berbagai pihak mewujudkan kemajuan di sektor pertanian, dalam gelaran Cirebon Agro Expo 2023 di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Kamis siang, patut diacungi jempol.

Pasalnya kegiatan yang dihadiri langsung Bupati Cirebon Imron ini, tidak menggunakan sepeserpun anggaran pemerintah, melainkan swadaya gotong-royong dari berbagai unsur masyarakat, mulai dari petani, peternak, pengusaha, kalangan akademisi, serta unsur pemerintah dan media massa, yang seluruhnya berkumpul dalam even kali pertama tersebut.

Baca Juga:Wakapolres Ciko Cek Pos Pam Jelang Nataru 2023- 2024Tomoro Coffee Alternatif Ngopi Kekinian

Cirebon Agro Expo 2023 merupakan pusat inagurasi dari program yang telah dirancang dan dilakukan sebelumnya, agar program pokok sektor pertanian yang terdapat dalam RPJMD dapat terealisasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan menuturkan, kolaborasi penerapan konsep pentahelix pihaknya lakukan, untuk bersama-sama mencari solusi pemecahan masalah secara terintegrasi, mengingat kemajuan sektor pertanian tidak hanya tugas dari pemerintah.

Melalui inovasi, kemudian mensinkronkan potensi yang dimiliki, program strategis berupa kawasan pertanian berkelanjutan berbasis komoditi unggulan lokal, dapat terwujud di Kabupaten Cirebon

Pihaknya berharap, melalui Cirebon Agro Expo 2023 yang merupakan program strategis pemerintah, nantinya dapat menjadi program prioritas yang secara rutin dilakukan di setiap penghujung tahun.

Sementara itu Bupati Cirebon Imron, mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Pertanian, karena hal itu dapat mengukur efektifitas program di sektor pertanian.

Menurutnya, Cirebon Agro Expo merupakan ekpresi kehidupan bermasyarakat, yang ingin membangun sektor pertanian secara bersama-sama.

Dalam Cirebon Agro Expo 2023 ini, ditampilkan produk lokal mangga asli Cirebon bernama roman ayu, hasil penelitian salah seorang petani asal Cirebon sejak tahun 2005 silam. Nantinya produk jenis mangga tersebut, diproyeksikan menjadi produk khas asli Cirebon.

Baca Juga:Segarnya Es Doger Di Pasar KanomanPolresta Cirebon Gelar Apel Pasukan

Dalam kesempatan itu, turut dibagikan berbagai bantuan kepada para petani, peternak, serta kelompok masyarakat, kemudian penandatanganan mou kerjasama display produk pertanian, di rest area tol Kanci-Pejagan

0 Komentar