Menjadi Pengganti Nasi pada Zaman Dahulu, Berikut Deretan Manfaat dari Nasi Jagung

Menjadi Pengganti Nasi pada Zaman Dahulu, Berikut Deretan Manfaat dari Nasi Jagung
Manfaat Nasi Jagung (pagaralampos.disway.id/ net)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Nasi jagung merupakan makanan pokok pengganti nasi pada zaman dahulu. Jagung yang sudah tua atau jagung pipil, menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan pokok ini. Rupanya, nasi jagung mengandung gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya.

Kandungan Gizi

Makanan ini telah di kenal sejak lama karena menjadi alternatif makanan pokok pengganti nasi. Dahulu, masyarakat pedesaan yang tidak mampu, tidak bisa makan nasi karena berasa atau nasi sulit untuk di dapat. Maka, orang zaman dahulu menciptakan makanan ini karena jagung mudah tumbuh, bisa menghasilkan panen yang baik dan tahan lama.

Sebagai pengganti nasi di zaman dahulu, sebenarnya ada kandungan gizi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari nasi yang berasal dari beras. Kandungan gizinya sendiri, yakni berupa karbohidrat yang baik bagi tubuh dan kaya akan serat. Selain itu, terdapat beberapa kandungan lainnya seperti air, protein dan lain-lain.

Baca Juga:Mengenal Nasi Jagung : Makanan Pokok Pengganti Nasi di Zaman DahuluResep Jagung Bakar Ala-ala dengan Rasa Pedas Manis Nan Gurih, Wajib Cobain!

Manfaat Nasi Jagung

Mengontrol Berat Badan dan Memberi Energi – Kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya, dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mengontrol berata badan dan menjadi sumber energi utama untuk sel, jaringan, dan organ tubuh.

Memelihara Kesehatan Tulang – Nasi jagung memiliki kandungan fosfor, kalsium dan magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, mulai dari mengatur pertumbuhan tulang secara normal hingga kekuatan pada tulang.

Gula Darah Terkendali – Serat dalam nasi jagung, terutama serat larut air, dapat berguna untuk mengendalikan gula darah yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan penyerapan gula.

Mencegah Anemia dan Kardiovasikular – Kandungan zat besi dalam nasi jagung, konon dapat membantu mencegah anemia karena membantu memproduksi sel darah merah. Kemudian, berguna juga untuk menurunkan resiko gangguan kardiovasikular karena membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Demikian, itulah sederet manfaat dari nasi jagung.

0 Komentar