Makanan Khas Tasikmalaya: Merayakan Kelezatan Budaya Lokal

karedok Khas Tasikmalaya / Sumber dari: kompas.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tasikmalaya, sebuah kota yang kaya akan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi beragam kuliner yang menggugah selera. Keunikan dari kota ini tak hanya terletak pada panorama alamnya yang memukau, tetapi juga pada cita rasa makanan khas Tasikmalaya yang memikat lidah siapa pun yang mencobanya.

1. Soto Tauto

Tauto adalah salah satu hidangan khas yang patut di cicipi ketika berkunjung ke Tasikmalaya. Soto dengan kuah berwarna kemerahan ini terbuat dari bahan utama kacang merah yang di olah dengan rempah-rempah, daging sapi, serta di sajikan dengan tambahan tauge, perkedel, dan emping sebagai pelengkapnya. Kelezatan cita rasa khas Soto Tauto takkan pernah mengecewakan para penikmat kuliner.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah hidangan nasi yang di campur dengan oncom, sebuah bahan makanan tradisional yang terbuat dari ampas tahu yang di fermentasi. Proses fermentasi memberikan cita rasa yang unik pada oncom dan ketika di campur dengan nasi, menciptakan hidangan yang kaya akan tekstur dan cita rasa gurih.

Baca Juga:Mengenal Lezatnya Kuliner Khas Cirebon: Warisan Gastronomi yang MemikatRekomendasi 5 Makanan Tradisional Khas Bandung Jawa Barat yang Menggiur Lidah

3. Karedok

Karedok adalah salah satu hidangan salad khas Sunda yang juga sangat populer di Tasikmalaya. Terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, timun, kembang kol, dan daun kemangi yang di siram dengan bumbu kacang yang lezat. Karedok kaya akan nutrisi dan menyegarkan, cocok untuk dinikmati sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap hidangan utama.

4. Manisan Kolang-Kaling

Manisan Kolang-Kaling adalah camilan khas yang tak boleh terlewatkan. Kolang-kaling di rebus dengan gula dan air daun pandan hingga menghasilkan rasa manis yang sempurna. Camilan ini sering di jumpai di berbagai acara tradisional dan menjadi favorit masyarakat setempat.

5. Peuyeum

Peuyeum atau tape singkong adalah camilan yang terbuat dari singkong yang telah di fermentasi. Rasanya manis, agak asam, dan memiliki aroma khas hasil fermentasi. Biasanya di olah menjadi berbagai varian, mulai dari peuyeum mentah hingga di jadikan bahan dasar untuk kue-kue tradisional yang lezat.

Makanan khas Tasikmalaya tak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa yang lezat, tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang turun-temurun di kawasan tersebut. Saat berkunjung ke Tasikmalaya, menikmati hidangan khasnya adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan kehangatan dan keunikan dari kehidupan masyarakat setempat.

0 Komentar