HP Flagship Biasanya Menggunakan Chipset Kelas Tertinggi: 6 Ciri HP Flagship dan Bedanya dengan Smartphone Biasa

ciri hp flagship: eraspace.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jika seseorang ingin membeli smartphone, biasanya ada beberapa kategori yang tersedia. Ini terdiri dari smartphone entry level atau low end, midrange, flagship, dan segmen tertinggi, yang biasanya memiliki harga paling mahal. HP flagship juga biasanya di gunakan untuk jangka panjang, meskipun produk terbaru di rilis setahun sekali.

Smartphone flagship adalah model terkemuka atau unggulan dari suatu merek. Flagship umumnya menawarkan spesifikasi dan fitur terbaik, serta sering kali menjadi representasi teknologi terbaru yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut. Flagship biasanya memiliki desain premium, kinerja tinggi, dan inovasi terkini dalam industri smartphone. Lalu, seperti apa ciri HP flagship dan bedanya dengan smartphone biasa? Supaya lebih paham, yuk, kita bahas lebih lanjut.

1. Performa maksimal dengan chipset kelas tertinggi dan terbaru

Smartphone flagship sering merajai peringkat dalam skor Antutu Benchmark karena nilai jual tertinggi mereka adalah performa terbaik. Chipset terbaru dan paling bertenaga juga di gunakan pada flagship. Sebagai contoh, beberapa HP flagship saat ini memiliki Snapdragon 8 Gen 2, yang merupakan chipset Snapdragon yang paling baru dan canggih. Oleh karena itu, sebuah smartphone dapat di anggap flagship jika memiliki chipset kelas atas. Walaupun saat ini HP entry level juga memiliki RAM yang kuat, flagship biasanya memiliki RAM yang lebih besar.

Baca Juga:PS5 Hanya Punya Satu Pesaing Dalam Konsol Generasi Kesembilan: 5 Alasan PS5 Laris Manis di Pasaran, Minim Pesaing?Mengusung Banyak Fitur yang Menggoda: Spesifikasi vivo V30 Lite, Juara di Sektor Kamera!

2. Kualitas layar di atas rata-rata smartphone biasa

Jika smartphone biasa layarnya hanya berpanel IPS, maka layar flagship sering menggunakan teknologi yang lebih mutakhir seperti Super AMOLED atau OLED. Jenis layar kelas premium dapat memberikan kualitas gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup. Walau begitu, ada juga smartphone kelas menengah yang sudah menggunakan layar AMOLED. Resolusi layar flagship juga jauh lebih jernih di bandingkan dengan HP biasa. 

3. Kemampuan kamera yang lebih baik dan bukan sekedar gimmick

Ciri HP flagship dan bedanya dengan smartphone biasa selanjutnya terletak pada kamera. Pada HP flagship umumnya di lengkapi dengan kamera lebih canggih dan bukan sekadar gimmick semata, seperti yang ada di smartphone entry level. Beberapa fitur kamera termasuk sensor lebih besar dan fitur fotografi yang lebih advanced. Kualitas rekaman video HP flagship juga lebih tinggi dan bahkan kemampuan memotretnya dapat di manfaatkan untuk kegiatan fotografi profesional. 

4. Material terbuat dari kaca atau metal yang tahan air

Meski tidak semua, tapi biasanya material smartphone flagship terbuat dari bahan premium seperti kaca atau metal. Ini berbeda dengan HP biasa yang menggunakan plastik polikarbonat. Selain itu, HP flagship juga biasanya memiliki fitur daya tahan terhadap air, entah itu terhadap cipratan atau bahkan dapat bertahan di dalam air dengan batas kedalaman tertentu. Namun, beberapa smartphone biasa sekarang juga sudah punya fitur tahan terhadap air, walaupun kemampuannya terbatas pada tahan cipratan saja.

5. Pengisian super cepat dan wireless charging

Saat ini banyak HP biasa sudah punya fitur pengisian daya cepat. Namun, produk flagship terus berinovasi dan menghasilkan fitur berupa pengisian daya yang sangat cepat hingga beberapa menit saja. Selain itu, smartphone flagship kebanyakan juga sudah mendukung kemampuan wireless charging yang lebih modern, cepat, dan lebih efisien.

6. Fitur inovatif seperti layar lipat

Produsen HP flagship masa kini semakin berinovasi dengan meluncurkan smartphone layar lipat, baik itu fold maupun flip. Beberapa merek yang sudah merilis flagship layar lipat adalah Samsung, Oppo, dan TECNO. Sementara itu, Apple belum memiliki rencana untuk merilis iPhone dengan layar lipat. Inovasi teknologi layar lipat masih terus di kembangkan agar nantinya smartphone lipat dapat di nikmati dengan harga lebih murah. Selain itu, fitur canggih lainnya yang ada di smartphone flagship adalah sensor sidik jari di dalam layar. 

Kesimpulannya, ciri HP flagship dan bedanya dengan smartphone biasa adalah terletak pada segi kualitas serta performa. Umumnya, smartphone flagship punya kualitas dan performa yang jauh lebih tinggi dari HP biasa. Meskipun harganya lebih mahal, namun smartphone flagship sangat worth it untuk digunakan jangka panjang. Sebab, produsen HP flagship biasanya memberikan jaminan update software hingga 5 tahun. 

0 Komentar