Sering Terjadi Gempa : Ini Dia Antisipasi Sebelum Gempa Yang Harus Kamu Lakukan

Sumber: detik.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Awal tahun 2024 telah terjadi banyak bencana alam gempa bumi, khususnya di Indonesia. Bagi kamu harus tahu dengan antisipasi sebelum gempa.

Gempa bumi adalah peristiwa guncangan di bumi yang disebabkan oleh tumbukan lempeng bumi, aktivitas patahan, aktivitas gunung berapi, atau runtuhnya bangunan. Bencana jenis ini sangat dahsyat, bisa terjadi kapan saja, dan berlangsung dalam waktu singkat. Gempa bumi dapat menghancurkan bangunan, jalan, jembatan dan lain sebagainya dalam sekejap. Sejauh ini belum ada ahli dan lembaga yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa. Pihak yang berwenang memberikan informasi kejadian gempa bumi adalah BMKG.

Informasi berbagai parameter terkait intensitas gempa, episenter gempa, kedalaman dan kemungkinan terjadinya tsunami dapat dilihat di http://bmkg.go.id atau aplikasi pada perangkat BMKG berbasis Android atau IOS.

Baca Juga:Sangat Bermanfaat! Ini Dia Rekomendasi Kamera Parkir Mobil Harga MurahMerah Menggoda! Ini Dia Mobil Daihatsu Sigra 2023 : Tampil Modern & Canggih

Berikut ini antisipasi sebelum gempa / mitigasi gempa bumi yang harus kamu tahu!

Sebelum terjadi gempa

  1. Buatlah rencana untuk menyelamatkan diri jika terjadi gempa bumi.
  2. Latihan-latihan yang berguna dalam mengatasi puing-puing saat terjadi gempa, seperti melempar, melindungi kepala, berpegangan pada meja, atau bersembunyi di bawah meja.
  3. Siapkan alat pemadam kebakaran, peralatan keselamatan standar, dan perbekalan medis.
  4. Membangun struktur rumah tahan gempa dengan pondasi yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa merenovasi bagian bangunan yang sudah rentan.
  5. Waspadai daerah rawan gempa dan peraturan pemerintah mengenai penggunaan lahan.

Saat terjadi bencana gempa bumi:

  1. Jika terjadi gempa bumi dan Anda berada di dalam suatu bangunan seperti rumah, sekolah, atau gedung bertingkat:
  • Getaran akan terasa selama beberapa waktu, selama itu usahakan untuk melindungi diri di bawah meja untuk menghindari benda jatuh dan jendela kaca.
  • Lindungi kepala Anda dengan bantal atau helm atau berdiri di bawah pintu. Jika sudah merasa aman, segera keluar rumah.
  • Apabila sedang memasak, segera matikan kompor dan matikan serta matikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.
  • Saat keluar rumah, waspadai kemungkinan pecahan kaca, ubin atau bahan lainnya. Tutupi kepala Anda dan segera pergi ke lapangan terbuka.
  • Jangan berdiri di dekat tiang, pohon, sumber listrik, atau bangunan yang dapat runtuh.
  • Jangan menggunakan lift jika merasa kaget, gunakan tangga darurat untuk mengevakuasi gedung. Saat Anda berada di dalam lift, tekan semua tombol atau gunakan interkom untuk memanggil pengelola gedung.
  • Identifikasi bagian-bagian bangunan yang mempunyai struktur kuat, seperti sudut-sudut bangunan.
  • Jika Anda berada di gedung yang ada penjaganya dan ikuti instruksi evakuasi.

Itulah info tentang antisipasi sebelum gempa bumi.

0 Komentar