Ampuh Sekali Makna dan Filosofi Batik Mega Mendung Khas Cirebon yang Salah Satunya Mampu Menahan Amarah dalam Kondisi Tertekan atau Sedih.

Ampuh Sekali Makna dan Filosofi Batik Mega Mendung Khas Cirebon yang Salah Satunya Mampu Menahan Amarah dalam Kondisi Tertekan atau Sedih.
Ampuh Sekali Makna dan Filosofi Batik Mega Mendung Khas Cirebon yang Salah Satunya Mampu Menahan Amarah dalam Kondisi Tertekan atau Sedih.
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- filosofi batik sering menjadi bahan pertanyaan banyak orang mengapa mengambil motif tersebut atau filosi apa yang ada dalam batik kisah dari suatu batik daerah tersentu,dan kali ini mimin akan bahas menganai filosofi batik mega mendung,yang mungkin filosofi ini juga banyak di cari oleh masyarakat banyak.

Dan batik merupakan salah satu warisan budaya tak benda khas Indonesia,Ragam motif batik yang ada di daerah Indonesia masih lestari bahkan menjadi daya tarik dunia.

Di rangkum dari berbagai sumber, batik adalah seni tekstil kuno yang menghasilkan kain dengan desain dan motif yang rumit. Salah satu motif yang mendunia adalah Batik Mega Mendung Cirebon.

Baca Juga:Jam Tangan Murah Buat Pria dan Wanita yang Wajib Masuk ke Dalam Rekomendasi kalian !Buat Para Mahasiswa Teknik Wajib Instal ! Aplikasi Kalkulator Online.

Sejarah dengan jelas mencatat bahwa Sunan Gunung Jati yang menyebarkan Islam di wilayah Cirebon pada abad ke-16. Ia menikah dengan Permaisuri Ong Tien dari Tiongkok.

Motif batik ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan kedatangan bangsa Tiongkok di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tien.

Kekhasan Mega Mendung atau tidak hanya pada motifnya yang berupa gambar menyerupai awan dengan warna-warna tegas seperti biru dan merah. Namun, juga pada nilai-nilai filosofi yang terkandung pada motifnya.

Filosofi Batik Mega Mendung dan MaknanyaJadi, apakah filosofi atau pelajaran hidup yang terkandung dalam batik mega mendung ini?

  1. Mampu Menahan AmarahMotif mega mendung yang berarti awan sejuk atau teduh merupakan simbol bahwa manusia harus bisa menahan marah dalam kondisi tertekan atau sedih. Motif ini pun memberi kesan dinamis dan terbuka.
  2. MenenangkanBentuk awan yang tampak besar dan meneduhkan tentu dapat memberikan ketenangan. Begitu pula halnya dengan manusia.Kendati sudah menjadi orang besar, harus tetap dapat mengayomi dan memberikan ketenangan juga perlindungan. Selain itu, pengguna batik ini akan terlihat lebih berwibawa, tetapi tetap terlihat kalem.
  3. KebebasanAwan bermakna bebas tanpa batas. Umumnya, di wujudkan melalui motif dengan jarak antar awan yang saling berjauhan.Dalam kehidupan, tentu kebebasan tetap ada batasnya, yaitu adanya aturan dan norma yang berlaku. Manusia bebas berpendapat dan berekspresi dengan tetap berpedoman pada aturan yang ada.

Itu dia 3 makna dari motif batik mega mendung khas cirebon nih,dan salah satunya bisa menahan amanah,dan semoga juga kita orang2 yang termasuk menahan amanah juga ya,selamat membaca.

0 Komentar