Kamu Biasanya Langsung Membuangnya atau Tetap Memakannya? Cek Apakah Cokelat Kedaluwarsa Masih Bisa Dimakan? Ini Penjelasannya!

apakah cokelat kedaluwarsa: globalsolusiingredia.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sebagian besar makanan kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa yang dapat di gunakan oleh pelanggan untuk mengetahui kapan harus mengonsumsinya. Cokelat kemasan juga. Di bagian belakang kemasan biasanya ada tulisan expired date atau best before.

Namun, bagaimana kalau kamu menemukan cokelat yang kondisinya masih bagus dan kemasannya belum di buka, tapi tanggal kedaluwarsanya sudah lewat? Apakah tetap aman di konsumsi? Atau justru di buang saja? Yuk, cari tahu apakah cokelat kedaluwarsa simak jawabannya di bawah ini!

1. Cokelat tidak benar-benar kedaluwarsa

Melansir artikel berjudul “Can You Eat Expired Chocolate?” yang di unggah di Shoutern Living, seorang executive pastry chef dari The Equestrian Hotel, Yohann Le Bescond, menyatakan sebenarnya cokelat tidak benar-benar kedaluwarsa dan memiliki umur simpan yang cukup panjang.

Baca Juga:Sangat Menyehatkan Tubuh dan Mencegah Beberapa Penyakit: Manfaat Sehat Telur Puyuh, Kecil-kecil tapi Besar KhasiatnyaPunya Beragam Fitur Monitor Kesehatan: Cek Review Nothing CMF Watch Pro, Punya Fitur yang Menarik!

Cokelat (terutama yang berkualitas tinggi) biasanya mengandung mentega kakao yang tinggi tanpa banyak minyak atau gula. Hal ini membuatnya awet dan tahan lama.

Selain itu, dalam artikel tersebut di sebutkan bahwa cokelat hitam atau dark chocolate, jika kemasannya masih bagus dan belum di buka sama sekali, dapat bertahan sekitar dua tahun. Cokelat susu, di sisi lain, dapat bertahan sekitar enam bulan sampai satu tahun setelah di buka.

Selama kondisinya bagus, masih ada aroma cokelat yang khas, dan di simpan dengan benar, maka cokelat masih aman untuk di konsumsi atau di gunakan sebagai campuran makanan lainnya.

2. Bercak putih sebenarnya bukan jamur

Di permukaan cokelat yang sudah lama di simpan, biasanya muncul bercak putih yang mirip jamur. Sebenarnya, bercak tersebut bukan jamur, melainkan lapisan yang muncul karena adanya kenaikan kadar gula karena kelembaban yang tinggi atau kenaikan kadar lemak akibat fluktuasi suhu yang sangat drastis pada cokelat.

Dalam kondisi tersebut, cokelat tetap bisa di makan atau di gunakan untuk bahan campuran suatu masakan, serta tidak akan berpengaruh pada rasa atau aroma cokelat. Jika di anggap mengganggu, kamu bisa membuang bercak putih tersebut. So, gak perlu khawatir lagi, ya!

3. Tips menyimpan cokelat

Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, agar kualitas dan tekstur cokelatmu tetap dalam kondisi baik meski sudah di simpan lama. Pertama, simpan cokelat pada suhu antara 18-20 derajat Celsius dengan kelembaban kurang dari 55 persen. Misalnya di lemari dapur atau di pantry.

Kedua, hindari menyimpan cokelat di dalam kulkas. Menurut Le Bescond, hal tersebut menyebabkan batang cokelat menjadi sangat lembab. Namun, ada pengecualian jika tempat tinggalmu bersuhu panas, maka kamu boleh menyimpannya di kulkas agar tidak mudah meleleh.

Baca Juga:Belum Tentu Laptop Kamu Harus Ganti Baterai: Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di ChargeWOW! Ada Bocoran Fitur AI yang Akan Hadir pada Samsung Galaxy S24 Series

Selanjutnya, jika cokelat tidak segera di gunakan, kamu tidak perlu membukanya. Apabila sudah di buka, pastikan cokelat tersebut kamu masukkan lagi ke dalam wadah yang rapat dan kedap udara.

Nah, sekarang kamu sudah tahu dan memutuskan apakah cokelat kedaluwarsa masih bisa di makan atau tidak, kan? Selama kondisinya masih bagus, cokelat tetap aman di konsumsi meski sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Gak perlu khawatir lagi, ya!

0 Komentar