Gapura Alun Alun Sangkala Buana Terlihat Berdiri Kokoh

0 Komentar

Gapura Alun alun Sangkala Buana, di area Keraton Kasepuhan terlihat berdiri kokoh. Diharapkan, konstruksi bangunannya aman dan tidak ada masalah, pasalnya beberapa hari lalu, kondisi gapura di Alun alun Pataraksa sumber roboh dan di Alun alun Kejaksan sudah mulai ada keretakan.

Gapura atau bangunan susunan bata merah di Alun-alun Sangkala buana nyaris tidak terlihat kerusakan atau retakan, dan berdiri kokoh. Dan menjadi salah satu ikon di area Keraton Kasepuhan.

Sebelumnya, perbedaan terjadi di salah satu gapura Alun alun Pataraksa Sumber yang roboh meskipun bangunan yang terbilang baru. Dan di Kota Cirebon, gapura di Alun alun Kejaksan juga sudah mulai ada keretakan.

Baca Juga:Jalur Kecelakaan Dua KA di Cicalengka Sudah Dapat Dilalui KeretaMengenal Tokoh Syekh Bayanillah

Salah satu pihak menyebutkan, untuk pembangunan gapura di Alun alun Sangkakala Buana, dengan menggali kedalaman tanah sekitar 6 meter sebelum gapura dibangun, dan di setiap sudutnya dibuatkan pondasi cor serta penambahan beton yang mengikat dari masing-masing sudut.

Jika melihat sejarah pembangunan era wali, justru tumpukan bata merah, hanya direkatkan dengan putih telur. Dan bisa bertahan hingga ratusan tahun

0 Komentar