Resep dan Cara Membuat Seblak Yang Lezat Dirumah

sumber : inews.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Rafael Tan sempat viral dan jadi duta seblak. Alhasil, netizen pun banyak yang pengen tahu resep dan cara membuat seblak yang lezat.

Sebelum lebih jauh ke cara pembuatannya, yuk kita cari tahu asal-usul seblak. Kuliner yang satu ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang kini populer di seantero Nusantara.

Makanan yang identik bercita rasa gurih pedas dengan rempah kencur itu kini bisa dengan mudah dibuat sendiri lho.

Baca Juga:Deretan Ide Menu Bekal Anak Sekolah Unik Dan SehatPenyaluran Pertalite di 2023 Lebih Rendah dari Kuota

Belakangan, sudah banyak yang memodifikasi isi seblak dan juga toppingnya. Isi seblak berupa berupa telur, siomay, ceker cilok hingga bakso goreng sudah menjadi hal umum. Bahkan ada juga yang menambahkan aneka bakso ikan hingga sayur yang biasanya menjadi isian steamboat atau suki.

Padahal, dahulu isian seblak sederhana. Hanya kerupuk yang direndam di air panas yang kemudian dimasak dengan bumbu halus berupa bawang putih, kencur dan cabai rawit. Dinukil dari berbagai sumber, berikut resep dan cara membuat seblak yang lezat.

Resep dan Cara Membuat Seblak

Bahan-Bahan:

100 gram kerupuk aci

7 lembar daun caisim/sawi hijau

5 butir bakso sapi

1 butir telur Air secukupnya 

Garam dan gula secukupnya 

Bumbu Halus:

2 ruas kencur

2 butir bawang merah

1 butir bawang putih

5 buah cabe rawit merah (sesuai selera pedas)

3 buah cabe keriting merah

Cara Membuat Seblak:

Langkah 1

Rendam kerupuk dengan air selama kira-kira 30 menit. Kerupuk direndam agar saat dimasak cepat lembek dan tak keras. Kemudian, potong-potong daun caisim dan bakso sapi sesuai selera.

Langkah 2

Haluskan bumbu lalu tumis sampai harum. Setelah harum tambahkan air kira-kira satu gelas, lalu tunggu air sampai mendidih.

Langkah 3

Masukan telur yang sebelumnya sudah dikocok. Masak hingga agak menggumpal.

Langkah 4

Selanjutnya masukan kerupuk, bakso dan caisim. Jangan lupa gula dan garam. Masak hingga matang dan sajikan selagi hangat.

0 Komentar