WOW! Ada Banyak Jenis Mochi yang Menarik untuk Kamu Coba: Inilah Jenis Mochi untuk Teman Ngemil, Legit dan Manisnya Nagih!

WOW! Ada Banyak Jenis Mochi yang Menarik untuk Kamu Coba: Inilah Jenis Mochi untuk Teman Ngemil, Legit dan Manisnya Nagih!
jenis mochi: Hanabira mochi (tasteatlas.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kebanyakan orang mengingat mochi sebagai satu jenis makanan saja. Ya, camilan Jepang ini terkenal dengan rasanya yang legit dan manis yang berasal dari pasta kacang atau buah-buahan.

Di Jepang, mochi sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, baik dari segi bentuk ataupun isian. Bagi pencinta mochi, kamu patut mengetahui delapan jenis mochi berikut ini. Semakin memperkaya pengetahuanmu akan makanan Jepang, nih!

1. Daifuku

Daifuku sempat viral di sosial media, karena bentuknya menarik dan berbeda dari mochi pada umumnya. Jika mochi biasa di isi pasta kacang, daifuku populer karena di isi buah-buahan, seperti mangga dan stroberi. Paduan tekstur kenyal dari tepung mochiko dan kelembutan buah membuat siapa saja jadi jatuh hati pada daifuku.

Baca Juga:Bukan Harganya yang Terjangkau, Yuk Kenali 5 Kelebihan Motor Listrik Polytron Fox-SDengan Layar 120Hz Buat Kamu Nyaman Main Game: Rekomendasi 5 HP POCO Termurah dengan Layar 120Hz, Gaming Gear Andalan

2. Botamochi

Botamochi atau juga di kenal dengan nama ohagi merupakan mochi yang di isi dengan pasta kacang merah (anko) atau kacang hijau yang sudah di masak bersama gula. Isian kacang merah di anggap menjadi simbol keberuntungan. Karena alasan inilah botamochi jadi suguhan populer pada hari raya Budha di Jepang.

3. Kinako mochi

Kinako mochi di lapisi taburan kinako, tepung kacang kedelai yang telah di panggang dan di giling halus. Lumuran kinako pada mochi memberikan rasa gurih dan sedikit manis. Tidak heran jika kinako mochi jadi salah satu mochi yang paling di gemari.

4. Kirimochi

Kirimochi berbentuk persegi atau persegi panjang yang tipis dan tanpa isian. Dalam proses pembuatannya, kirimochi melalui proses pengeringan atau pembekuan untuk memperpanjang masa simpannya. Sebelum memakannya, kamu perlu mengolahnya dengan cara di rebus dalam zenzai (sup kacang merah manis dengan mochi), di masukkan dalam oshiruko (bubur kacang merah), di panggang, atau di goreng.

5. Isobe mochi

Adalah mochi yang di lumuri atau di balut nori. Isobe mochi sering di hidangkan sebagai camilan atau camilan ringan di Jepang. Proses memanggang atau menggoreng mochi memberikan tekstur renyah di luar, tapi kenyal di dalam. Sementara nori memberikan rasa gurih dan asin yang khas.

6. Kusa mochi

Kusa dalam bahasa Jepang berarti rumput atau tanaman. Jadi, kusa mochi adalah mochi yang terbuat dari tepung beras yang di campur dengan daun-daunan seperti daun teh hijau atau daun pohon jeruk.

Proses pembuatan kusa mochi melibatkan adonan mochi yang di bentuk menjadi bulatan kecil. Kemudian, adonan di gulung dalam daun-daunan yang telah di rendam atau di rebus terlebih dahulu.

7. Yatsuhashi

Yatsuhashi merupakan mochi khas Kyoto, Jepang, yang jadi oleh-oleh wajib bagi para turis. Mochi ini terbuat dari adonan tepung beras yang di isi berbagai macam bahan, seperti pasta kacang merah manis, kacang kinako, atau varian rasa lainnya. Setelah di isi, adonan di bentuk menjadi segitiga atau persegi panjang, lalu di panggang atau di kukus.

Baca Juga:Sama-Sama Mempunyai Skor Tertinggi: Ini Skor Benchmark Exynos 2400 dan Snapdragon 8 Gen 3, Pilih Mana?Dari Akses Emoji Sampai Rekam Layar: Inilah Shortcut Keyboard yang Jarang Diketahui, Padahal Berguna!

8. Hanabira mochi

Hanabira mochi memiliki nilai estetika tinggi, karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Berbeda dengan mochi biasa yang punya bentuk sederhana, hanabira mochi di bentuk menyerupai bunga atau kelopak bunga. Mochi ini berwarna-warni dan di hias dengan menggunakan pewarna makanan alami untuk memberikan tampilan yang cantik.

Mochi-mochi tadi memang umum di sajikan pada perayaan tertentu, seperti tahun baru Jepang (Oshogatsu) atau festival-festival tertentu. Namun, kamu juga bisa menemukannya di luar hari spesial itu ketika berkunjung langsung ke Jepang. Mau cobain mochi yang mana dulu, nih?

0 Komentar