Sortir Lipat Surat Suara Pemilu

0 Komentar

Dalam rangka penyortiran surat suara pemilu 2024 yang dilaksanakan di Gedung Creative Center Kabupaten Majalengka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka memberdayakan 500 tenaga pekerja. Bahkan dalam kegiatan sorlip itu, 40 di antaranya merupakan penyandang disabilitas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka memberdayakan 500 tenaga pekerja dalam penyortiran surat suara pemilu 2024 yang dibagi menjadi 10 kelompok, Jumat pagi. Masing-masing terdiri dari 50-53 orang, termasuk tiga pengawas di tiap kelompoknya.

Tenaga pekerja yang terlibat melakukan sorlip, ini mendapatkan honor 200 rupiah per lembar untuk surat suara pemilu presiden-wakil presiden, dan 265 rupiah per lembar untuk surat suara pemilu anggota DPRD Kabupaten Majalengka, DPRD Jawa Barat, DPR RI serta DPD RI.

Baca Juga:Menikmati Keindahan Balong SetuPengembangan UMKM Terkendala Permodalan

Ketua KPU Majalengka, Teguh Fajar Putra Utama, menyebutkan di pemilu kali ini, KPU mengakomodir tenaga sortir kaum disabilitas empat kali lipat lebih banyak dari periode pemilu sebelumnya, yakni 40 orang. Keputusan ini merupakan bagian dari komitmennya untuk memberikan peluang lebih luas kesemua lapisan masyarakat, termasuk kaum disabilitas.

Sementara, jika ditemukan lembar surat suara yang rusak, pihak KPU Majalengka akan segera melaporkannya ke tingkat provinsi, sebagai langkah transparansi dan tanggung jawab dalam menjaga integritas proses pemilu 2024

0 Komentar