Menikmati Keindahan Balong Setu

0 Komentar

Desa Setu Patok, terkenal dengan keindahan balong setu yang menjadi ciri khasnya. Wisata di sekeliling Danau Setu juga terkenal dengan berbagai macam keunikanya, tidak hanya wisata alamnya saja yang terkenal, terdapat beberapa situs keramat yang berada di sekitar balong setu.

Waduk Setupatok, yang berada di Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, mempunyai pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana alam ataupun yang hanya sekedar nongkrong di warung untuk menikmati keindahan danau setu.

Tidak hanya wisata alamnya saja yang terkenal, terdapat beberapa situs keramat yang berada di sekitar balong setu. Dimana pada tahun 2020-an mulai dibuat jalan alternatif, dan bangunanya di renovasi ulang, untuk memudahkan peziarah yang datang berkunjung.

Baca Juga:Pengembangan UMKM Terkendala PermodalanKab. Cirebon Peringkat 5 Di Jawa Barat Kasus Pernikahan Dini 

Salah satu situs keramat yang sudah di renovasi ulang yakni makam Pangeran Glotak. Pangeran Glotak atau yang bernama asli Pangeran Dasa Muka itu diutus dari Kerajaan Madiun untuk menyebarkan agama Islam ke Cirebon. Ia bermukim di Setu Patok yang dahulu bernama Desa Pagar Buni sebelum warga Setu pindah ke utara karena akan di bangun bendungan pada masa Belanda.

Makam Pangeran Glotak berada tepat di kaki bukit Danau Setu Patok. Bangunan makam yang dulu masih sawung mulai di renovasi bersama dengan mushola. Selain makam Pangeran Glotak, disana juga ada beberpa makam lainnya seperti Buyut Growong dan Pangeran Sukma Jati

0 Komentar