Jari Putus, Lansia Terlantar Sakit Dievakuasi

0 Komentar

Seorang lansia terlantar dalam kondisi sakit, ditemukan warga di pinggir jalan raya, sekitar perbatasan Kuningan-Cirebon, Desa Sampora. Lansia ini terbaring lemah dalam kondisi sakit, bahkan salahsatu jarinya terputus akibat pembusukan. Temuan ini segera dilaporkan warga ke petugas Satpol PP Kuningan, hingga dilakukan evakuasi dan penanganan medis.

Seorang lansia terlantar dalam kondisi sakit, ditemukan warga di pinggir jalan raya, sekitar perbatasan Kuningan-Cirebon, Desa Sampora.

Lansia ini terbaring lemah dalam kondisi sakit, terdapat beberapa luka yang mulai membusuk di bagian tangan dan kaki. Bahkan salahsatu jarinya terputus akibat pembusukan tersebut.

Baca Juga:SMAN 1 Gegesik Targetkan Lanjut Pendidikan Ke Universitas Meningkat Univday SMAN 1 Gegesik Hadirkan 40 Universitas se-Pulau Jawa

Temuan lansia terlantar ini segera dilaporkan warga ke petugas Satpol PP Kuningan, hingga dilakukan evakuasi dan penanganan medis.

Setiba di lokasi, petugas Satpol PP bersama anggota Polsek Cilimus, membawa lansia ini ke RSUD Linggarjati pada Sabtu lalu, dan hingga hari ini, Senin 15 Januari 2024 korban dirujuk ke RSUD 45 untuk perawatan intensif.

Petugas Satpol PP juga sempat membersihkan luka di tubuh lansia, menggantikan pakaian dari sumbangan warga, dan memangkas rambutnya hingga rapi. Lansia ini sempat mengaku bernama Sukiman, namun karena kondisinya yang masih lemah, yang bersangkutan belum bisa menjelaskan dari mana dirinya berasal.

Anggota bidang Tribumtranmas Satpol PP Kuningan Yoyon Suryono menerangkan, dari informasi warga, lansia ini sempat berada di emperan warung, tepatnya dua hari sebelum evakuasi dilakukan. Dari kondisi ini, petugas menduga korban sengaja dibuang begitu saja oleh orang tak dikenal.

Selanjutnya, petugas Satpol PP telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. Kepada awak media, Kadinsos Toto Toharudding menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak rumahsakit untuk tindak lanjut penanganan medis.

Jika kondisi Sukiman membaik, pemkab akan mempersiapkan tempat penampungan di rumah singgah Dinsos. Jika ada keluarganya, Dinsos siap memfasilitasi mengantarkan lansia ini pulang rumahnya

0 Komentar