Wajib Dilestarikan! Inilah Olahraga Tradisional Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: goodnewsfromindonesia.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Apakah kamu tahu ada beberapa olahraga tradisional Indonesia yang bagus dan unik?. Jika belum tahu, simak artikel ini yuk!

Jemparingan

Panahan bisa dikatakan merupakan olahraga klasik yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bedanya, panahan kini menjadi olahraga yang menguji konsentrasi, ketepatan, dan ketahanan. Panahan yang biasa di saksikan pada pekan olah raga merupakan salah satu olah raga tradisional yang sangat mirip dengan jemparingan.

Sama saja seperti anak panahmu mengenai sasaran yang berjarak beberapa meter dari tempatmu berada. Bedanya, jemparing di lakukan sambil duduk bersila.

Baca Juga:Nyaman Dipake ! Ini Dia Rekomendasi Kursi Lipat Outdoor TerbaikRekomendasi Tempat Hits di Bekasi : Cocok Untuk Nongkrong & Ngedate

Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena saat duduk biasanya tubuh lebih rileks dan belum siap pada posisinya. Posisi duduk juga menyebabkan lengan dan bahu kurang leluasa meregang. Inilah tantangan yang harus di hadapi para pemain Jemperingan.

Selain menjaga mata tetap tajam melihat sasaran, Anda juga perlu mencari posisi paling nyaman agar lengan dan bahu bisa leluasa bergerak saat bermain busur dan anak panah. Saat itu, Jemperingan sering di gunakan untuk pendidikan di berbagai sekolah dan pesantren.

Bentengan

Ya, aku ingat masa sekolahku. Di taman bermain sekolah yang besar, anak-anak sering bermain di kastil saat jam istirahat. Cara bermainnya sederhana. Saat bermain, harus di bentuk dua tim yang beranggotakan 3-4 orang. Kamu juga perlu menentukan lokasi benteng yang akan kamu dan rekan satu tim jaga.

Misi yang harus d iselesaikan adalah menguasai benteng musuh dengan menerobos masuk tanpa disadari. Tugas dua orang adalah mengecoh tim lawan, satu orang berusaha menyusup ke benteng lawan dan kalian harus menjaga benteng sendiri agar tidak menyerah. Jika berhasil masuk dan menyentuh benteng lawan, kamu harus berteriak “Fruka!”

Ketabahan memang bisa menguras tenaga, apalagi jika area bermainmu luas. Selain aktif menggerakkan badan, Anda juga harus pintar-pintar mengatur strategi untuk memenangkan permainan. Olahraga tradisional yang satu ini memang mengasyikkan, apalagi jika di mainkan secara berkelompok. Namun hati-hati juga, jangan sampai menabrak kubu musuh.

Pencak Silat

Jepang punya karate, China punya kungfu, dan Korea punya taekwondo. Di Indonesia ada Pencak silat. Kamu pasti tahu olahraga yang satu ini. Ya, Pencak silat merupakan seni bela diri yang kini menjadi salah satu olahraga tradisional paling ikonik di Indonesia. Bahkan, olahraga ini juga merupakan cabang resmi Sea Games dan ASEAN Games yang bergengsi. Olahraga pencak silat konon sudah ada sejak kerajaan Majapahit dan Sriwijaya kuno.

0 Komentar