Patut Kamu Perhatikan! Berikut 5 Penyebab Menopause Dini Pada Wanita yang Jarang Orang Ketahui

(Shutterstock/fizkes)
(Shutterstock/fizkes)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Perlu kamu ketahui bahwa penyebab menopause pada wanita ini bisa di sebabkan karena sendirinya atau oleh beberapa faktor tertentu. Mulai dari faktor genetik, kondisi medis, pengobatan, bahkan dari gaya hidup yang tidak sehat. Namun kamu juga perlu mengetahui penyebab menopause dini pada wanita.

Sebetulnya cepat ataupun lambat semua wanita pasti akan mengalami fase tersebut. Tetapi kebanyakan yang mengalami menopause di usia antara 45-55 tahun. Bahkan ada juga beberapa yang mengalami menopause dini, yaitu sebelum usia 45 tahun. Mari ketahui penyebab menopause dini pada wanita

Penyebab Menopause Dini Pada Wanita

1. Genetik

Menopause dini pada wanita ini bisa terjadi secara alami apabila ovarium seorang wanita berhenti membuat kadar normal hormon tertentu, terutama hormon estrogen. Terkadang hal ini di sebut kegagalan ovarium prematur, atau insufisiensi ovarium primer.

Baca Juga:Ternyata ini Penyebab Kecemasan Berlebihan – Kenali Tipe-Tipenya yang Bisa Menganggu Kesehatan KamuLebih Mudah Dibawa Kemana-mana, Berikut 5 Pilihan Tablet Android Terbaik yang Didominasi Oleh Samsung : Cek Harganya!

Maka dari itu kegagalan ovarium prematur terkadang bisa menurun dalam keluarga. Hal itu bisa terjadi apabila salah satu kerabat kamu mengalami menopause pada usia yang masih sangat muda, yaitu 20-an atau awal 30-an.

2. Depresi atau Stres

Menurut penelitian dari para ahli yang mengatakan jika stres dan depresi tidak hanya memengaruhi kesehatan mental saja. Kedua kondisi mental itu pun bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menopause. Bahkan, jika depresi yang sangat mendalam bisa membuat menopause datang lebih awal.

3. Obat-obatan

Efek terhadap obat-obatan, penyakit kronis, atau tumor pada kelenjar hipofisis (pituitari) bisa menyebabkan. Tidak hanya itu, human Immunodeficiency virus (HIV) atau acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), kelainan kromosom, sindrom kelelahan kronis, dan penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, juga bisa menyebabkan menopause dini.

4. Pengangkatan Ovarium

Adanya operasi pengangkatan ovarium atau oophorectomy, pun ternyata bisa memicu datangnya menopause lebih awal. Bagi para wanita yang menjalani tindakan medis ini akan mengalami penurunan hormon yang sangat cepat, dan mengalami gejala menopause. Contohnya, kehilangan libido.

5. Merokok

Merokok memang tidak membawa dampak yang baik bagi kesehatan dan menyebabkan banyak rentetan masalah pada tubuh. Menurut para ahli Imperial College, Inggris, menemukan, adanya kaitan antara merokok dengan menopause dini. Wanita perokok bisa lebih cepat mengalami menopause 1-2 tahun di bandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

***

0 Komentar